Sabtu, 04 Maret 2017

Ester 3: 1-15, 4:1-17 "Manusia boleh merencanakan yang jahat tetapi kehendak Tuhanlah yang terjadi"



Haman merupkan orang tidak dengan orang keturunan Yahudi,  dia sama sekali tidak menyukai orang-orangan orang keturunan Yahudi.  Haman itu kalau di baca dari keseluruhan dari kitab Ester kita akan menemukan bahwa Haman ini merupkan orang butuh akan hormat dan kedudukan.  Ayat 5 dalam pasal 3 Mordekhai menolak mengikuti perintah dari Haman yang tidak sesuai dengan keinginan hatinya.  Saya sendiri memiliki pemikiran mengenai Mordekhai dia merupakan org yang taat akan Allah pasti dia tdk mau menyembah kepada manusia dia hanya mau menyembah kepada Allah yang benar,  bukan menunjukkan ketundukan yang penuh kepada manusia.
Rasa hormat yang di tunjukkan oleh Mordekhai bukanlah hal yang salah,  dari sikap Mordekhai Haman membuat janji kepada dirinya sendiri ia akan memusnahkan orang-orang Yahudi tetapi itu tidak terjadi,  surat sudah dikirim ke segala penjuru untuk memusnahkan orang-orang Yahudi.   Apa di rencanakan itu belum terjadi orang-orang Yahudi mengambil waktu doa dan puasa untuk keselamatan mereka supaya terluput dari tangan2 orang yang memiliki niat yang jahat.
Tuhan memiliki tindakan ada setiap peristiwa yg kita alami dengan bagaimanapun kita bergumul Tuhan tidak akan pernah meninggalkan kita,  Dia selalu ada dalam setiap peristiwa yang kita alami dan kuasa Tuhanlah yang dinyatakan dibalik keterbatasan secara manusia dalam menghadapi segala sesuatu yang datang dalam hidup ini. 
Hal-hal Yang di dapatkan :
1.      Jangan pernah melihat kepada manusia pandang kepada Tuhan atas semua yang terjadi dalam hidup ini baik itu berat maupun ringan.
2.      Seburuk apapun hal yang dihadapi ketika kita benar-benar meminta pertolongan kepada Tuhan Ia selalu ada untuk menolong hidup kita,  dan Tuhan juga melihat kesungguhan hati yang benar bergumul akan apa terjadi dalam hidup kita.
3.      Seberat apapun hal yang dihadapi pandang terus kepada Tuhan,  walaupun seakan-akan tidak ada kekuatan utk menghadapi semuanya duduk bertekun di bawah kaki Tuhan pasti ada jln keluar.

Pertanyaan?
1.      Kenapa Haman merasa panas hati ketika Mordekhai tidak menuruti perintah dari pada Haman?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Segarkan Hidup Setiap Hari

 Nats: Mzm 52:8-9 Tetapi aku ini seperti pohon zaitun yang menghijau di dalam rumah Allah; aku percaya r   akan kasih setia Allah untuk s...