Selasa, 06 Juni 2017

2 TAWARIKH 9:25 VS 1 RAJA-RAJA 4:26. Dalam 2 Tawarikh TERTULIS, "Sulaiman (Salomo) memiliki 4.000 kandang kuda", TETAPI dalam 1 Raja-raja, "Sulaiman memiliki 40.000 kandang kuda".

JAWAB : (Kategori: salah memahami isi cerita atau maksud penulis) 

2 Tawarikh 9:25,
"Salomo mempunyai juga empat ribu (Ibrani: 'ARBA'AT 'ALAFIM) kandang untuk kuda-kudanya dan kereta-keretanya dan dua belas ribu orang berkuda, yang ditempatkan dalam kota-kota kereta dan dekat raja di Yerusalem."
1 Raja-raja 4:26,
"Lagipula Salomo mempunyai kuda empat puluh ribu (Ibrani: 'ARBA'IM 'ELEF) kandang untuk kereta-keretanya dan dua belas ribu orang berkuda."
Penulis Yahudi, Ben Gersom menafsirkan dengan merujuk pada aksara "YOD" dari 'ARBA'IM yang adalah angka numeral untuk sepuluh sehingga terjemahannya bukan empat puluh ribu kandang kuda melainkan empat puluh ribu kuda dalam kandang, di mana satu kandang berisi sepuluh (YOD) ekor.
Yang lain percaya, bahwa kandang kuda yang disebutkan dalam 2 Tawarikh adalah kandang gandengan yang lebih besar dan yang masing-masing dapat menampung 10 ekor kuda (jadi setiap kandang berisi 10 kuda). Dengan demikian 4000 kandang kuda gandengan sama saja dengan 40.000 kandang kuda yang kecil.
Ada juga alternatif solusi lain yang menyebutkan bahwa jumlah kandang kuda yang disebutkan dalam 1 Raja-raja adalah jumlah kandang yang dimiliki oleh Raja Salomo pada awal pemerintahannya, sedangkan jumlah yang terdapat dalam 2 Tawarikh adalah jumlah kandang yang ia miliki pada masa akhir kekuasaannya. Salomo memerintah selama 40 tahun, bukan tidak mungkin ada banyak perubahan yang terjadi selama masa itu. Masuk akal bahwa Salomo mengurangi jumlah perangkat militer jenis ini yang tadinya berasal dari ayahnya, Daud karena zaman Salomo tidak banyak terjadi pertempuran. (Light of Life II 1992:191)
Jadi, ada 3 alternatif solusi atau pilihan jawaban yang mungkin untuk menjelaskan perbedaan angka tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pencobaan datang dari Diri Anda sendiri

  Nats: Yakobus 1:14-15 (TB)14 Tetapi tiap-tiap orang dicobai oleh keinginannya sendiri, karena ia diseret dan dipikat olehnya. 15 Dan apa...