Komentar : Silsilah anak Benyamin itu, semuanya tidak sama
baik nama maupun jumlahnya.
JAWAB : (Kategori: salah memahami konteks sejarah atau maksud
penulis)
"Anak-anak Benyamin
ialah Bela, Bekher, Asybel, Gera, Naaman, Ehi, Rosh, Mupim, Hupim dan Ared." (Kejadian 46:21)
Bahasa Ibraninya: UVENEY VINYAMIN BELA' VAVEKHER VE'ASYBEL
GERA' VENA'AMAN 'EKHI VARO' SYMUPIM VEKHUPIM VA'ARD
Bani
Benyamin, menurut kaum mereka, ialah: dari Bela kaum orang Bela; dari Asybel kaum orang Asybel; dari
Ahiram kaum orang
Ahiram; dari Sefufam kaum orang Sefufam dan dari
Hufam kaum orang Hufam. (Bilangan 26:38-39)
"Anak-anak Benyamin
ialah Bela, Bekher dan Yediael, tiga orang." (1 Tawarikh
7:6)
"Benyamin memperanakkan Bela, anak sulungnya, Asybel, anak yang kedua, Ahrah, anak yang ketiga, Noha, anak yang keempat dan Rafa, anak yang kelima." (1
Tawarikh 8:1)
Benyamin adalah putra bungsu dari Yakub. Ia disebut VINYAMIN, putra tangan kanan oleh
ayahnya, meskipun Rahel, ibunya, yang meninggal sewaktu melahirkan dia,
menyebut dia BEN- 'ONI, putra kesusahanku (Kejadian
35:18, 24, 42). Setelah Yusuf hilang, Benyamin mendapat tempat utama dalam
cinta kasih ayahnya sebagai putra yang masih hidup dari Rahel; hal ini adalah
penting dalam penyerahan saudara-saudaranya kepada saudara mereka, Yusuf
(Kejadian 42:4, 38, 44).
Suku keturunan Benyamin
dalam bahasa Ibrani disebut VINYAMIN, kata pengelompok, jamak BENE VINYAMIN,
juga BENE YEMINI (1 Samuel 22:7; Hakim-hakim 19:16) dan tunggal BEN YEMINI atau
BEN HAYEMINI. Namanya yang mirip BINU (atau MARU) YAMINA mungkin berarti putra-putra orang-orang pengembara di Selatan yang terdapat pada abad 18 sebelum Masehi, dan beberapa ahli
mengira ini asal-usul dari suku dalam Alkitab itu; tapi perbedaan dalam waktu
dan asal menjadikan penyamaan itu kurang pasti.
Banyak rincian dari
silsilah Benyamin dapat ditemukan, meskipun sumber-sumber itu tidaklah lengkap;
dalam Kejadian 46:21 dibilang sepuluh keluarga, tapi dalam Tawarikh hanya
disebut tiga golongan dan dari yang tiga ini nama Yediel tidak terdapat dalam
Pentateukh (5 Kitab pertama Alkitab yaitu Kejadian sampai Ulangan). Pencatatan
kaum Benyamin terdapat dalam Bilangan 26:38 dan ayat- ayat berikutnya, dan juga
1 Tawarikh 8 untuk rincian yang sesuai dengan catatan pada zaman raja.
Bilangan 26:38-39 menulis
daftar keturunan Benyamin yang terdiri atas Bela, Asybel, Ahiram, Sefufam dan
Hufam. Mari kita tinjau sepuluh orang anak Benyamin dalam Kejadian 46:21 di
atas.
1.
Bela, - BELA', disebut kembali dalam Bilangan 26:38, 1 Tawarikh
7:6, 8:1, anak sulung Benyamin.
2.
Bekher, - VEKHER, anak Benyamin terdapat juga dalam Kejadian 46:21 dan 1 Tawarikh 7:6 tetapi
tidak disebut dalam Bilangan atau 1 Tawarikh 8:1.
3.
Asybel, 'ASYBEL, tertera dalam Bilangan. Dalam 1 Tawarikh 8:1 dia
disebut sebagai anak Benyamin yang kedua,
Asybel adalah nama lain atau alias dari Yediel dalam 1 Tawarikh 7:6.
4.
Gera, GERA, adalah anak Bela, dengan demikian cucu Benyamin, bandingkan
dengan 1 Tawarikh 8:3, 5, 7; Hakim-hakim 3:15, 2 Samuel 16:5.
5.
Naaman, NA'AMAN, pun anak Bela, cucu
Benyamin, Bilangan 26:40, 1 Tawarikh 8:4, 7.
6.
Ehi, 'EKHI, pun anak Bela, cucu
Benyamin, adalah
Ahiram dalam Bilangan 26:38, Ahia dalam 1 Tawarikh 8:7 dan Ahoah dalam 1 Tawarikh 8:5;
bandingkan dengan 2 Samuel 23:9, 23:28. Dia juga dipanggil Ahrah dalam 1 Tawarikh 8:1.
7.
Rosy, ROSY, kemungkinan adalah cucu
atau cicit Benyamin, tidak ditulis di lain-lain
tempat, tapi dapat dibandingkan dengan 2 Samuel 15:32; 16:1.
8.
Muppim, MUPIM, cucu Benyamin, dikenal juga Sefufam atau Sufam dalam Bilangan 26:39, juga
Sefufan dalam 1 Tawarikh 8:5 dan Supim dalam 1 Tawarikh 7:12,
15.
9.
Hupim, KHUPIM, cucu Benyamin, demikian juga dalam 1 Tawarikh 7:12, 15. Dalam Bilangan 26:38
dia disebut Hufam.
10.
Ared 'ARD, adalah anak Bela, cucu
Benyamin, bandingkan dengan Bilangan 26:40,
namanya dikenal dengan Adar dalam 1 Tawarikh 8:3.
Jadi, tidak ada kontradiksi.
Ada nama berbeda namun orang yang sama. Jadi Benyamin mempunyai tiga anak
sesuai dengan 1 Tawarikh 7:6 dan mempunyai 7
cucu, karena kata Ibrani BEN tidak hanya berarti anak
dari, tapi cucu dari dan keturunan, demikian pula
kata YALAD tidak
hanya berarti mengandung dalam pengertian fisik secara langsung, tapi juga berarti menjadi leluhur dari (kata
benda YELED dari kata kerja ini berarti keturunan dalam Yesaya 29:23).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar