Selasa, 06 Juni 2017

Berapa mandor pengawas kerajaan Salomo (Sulaiman)? a. 3.300 mandor (I Raja-raja 5:16). b. 3.600 mandor (II Tawarikh 2:2).

JAWAB : (Kategori: salah memahami konteks sejarah atau maksud penulis)
"belum terhitung para mandur kepala Salomo yang mengepalai pekerjaan itu, yakni tiga ribu tiga ratus (Bahasa Ibraninya: SYELOSYET 'ALAFIM USYELOSY ME'OT) orang banyaknya, yang mengawasi rakyat yang mengerjakan pekerjaan itu." (1 Raja- raja 5:16)
"Dan Salomo mengerahkan tujuh puluh ribu kuli, delapan puluh ribu tukang pahat di pegunungan, dan tiga ribu enam ratus (Bahasa Ibraninya: SYELOSYET 'ALAFIM VESYESY ME'OT) mandur untuk mengawasi mereka itu."
Menurut Jacob Leon dalam bukunya Relation of Memorable Things in Temple menulis bahwa ada 3.300 mandor kepala dan 300 atasan mandor yang keseluruhannya disebut mandor. Kitab raja-raja menulis, NATSAV yakni mandor kepala sedangkan kitab Tawarikh menulis, NATSAKH diterjemahkan mandor saja.
Ada perbedaan antara NATSAV dengan NATSAKH, yang pertama adalah kata kerja yang artinya berdiri, jadi tugasnya memimpin, dan yang terakhir juga kata kerja yang berarti mengawasi. Dalam ilmu manajemen NATSAV adalah fungsi organizing sedangkan NATSAKH memiliki fungsi controlling.
Jadi ada 3.300 mandor dan ada 300 atasan mandor namun semuanya disebut mandor, sehingga menurut II Tawarikh 2:2 jumlahnya ada 3.600 mandor. Jadi tidak ada kontradiksi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pencobaan datang dari Diri Anda sendiri

  Nats: Yakobus 1:14-15 (TB)14 Tetapi tiap-tiap orang dicobai oleh keinginannya sendiri, karena ia diseret dan dipikat olehnya. 15 Dan apa...