Selasa, 06 Juni 2017

JAWAB : (Kategori : Salah memahami konteks ayat) Usia 8 tahun adalah dianggap terlalu muda untuk memerintah. Tetapi ada beberapa komentator yang mengatakan bahwa dapat saja hal tersebut benar. Mereka berpendapat bahwa Yoyakhin kemudian secara resmi diangkat menjadi raja pada usia 18 tahun, setelah ayahnya meninggal dunia. Perbedaan ini tidak dijumpai dalam Alkitab PL yang diterjemahkan oleh LAI : 2 Raja-raja 24:8 "Yoyakhin berumur delapan belas tahun pada waktu ia menjadi raja dan tiga bulan lamanya ia memerintah di Yerusalem. Nama ibunya ialah Nehusta binti Elnatan, dari Yerusalem." 2 Tawarikh 36:9 "Yoyakhin berumur delapan tahun pada waktu ia mulai menjadi raja dan tiga bulan sepuluh hari lamanya ia memerintah di Yerusalem. Ia melakukan apa yang jahat di mata TUHAN." Namun untuk jelasnya kita dapat memperhatikan perbedaannya dalam KJV dan dalam naskah Masora/Teks Masoretik: 2 Kings 24:8 "Jehoiachin was eighteen [SYEMONEH 'ESREH] years old when he began to reign, and he reigned in Jerusalem three months. And his mother's name was Nehushta, the daughter of Elnathan of Jerusalem." Naskah Masorah, BEN- SYEMONEH 'ESREH SYANAH YEHOYAKHiN BEMOLKHO USYELOSYAH KHODASYIM MALAKH BiRUSYALAIM VESYEM 'IMO NEKHUSYTA' VAT- 'ELNATAN MiRUSYALAIM 2 Chronicles 36:9, "Jehoiachin was eight (SYEMONEH) years old when he began to reign, and he reigned three months and ten days in Jerusalem: and he did that which was evil in the sight of the LORD." Naskah Masorah, BEN- SYEMONEH SYANiM YEHOYAKHiN BEMOLKHO uSYELOSYAH KHODASYiM VA'ASERET YAMiM MALAKH BiRUSYALAIM VAYA'AS HARA' BE'EYNEY YEHOVAH Penafsiran pertama, Yoyakhin ditunjuk sebagai raja atau membantu ayahnya sebagai raja pada usia 8 tahun dan baru dinobatkan pada usia 18 tahun, karena usia 8 tahun terlalu muda untuk menjadi raja, apalagi Yoyakhin hanya memerintah selama tiga bulan, kemudian ditangkap, dan saat ditangkap ia TELAH MEMPUNYAI ISTRI! Naskah asli PL tidak ada lagi, namun kita memiliki salinan- salinan naskah asli tersebut, tentu saja dengan membandingkan beberapa salinan naskah tersebut kita mendapat kesimpulan bahwa Yoyakhin naik takhta pada usia 18 tahun. 2 Tawarikh 36:9 menurut naskah Masoret dan diterjemahkan oleh KJV dengan eight years old. Sebagian besar manuskrip Ibrani menulis 8.

JAWAB : (Kategori : salah memahami konteks ayat)
Ketika TUHAN mencium persembahan yang harum itu, berfirmanlah TUHAN dalam hati-Nya: "Aku takkan mengutuk bumi ini lagi karena manusia, sekalipun yang ditimbulkan hatinya adalah jahat dari sejak kecilnya, dan Aku takkan membinasakan lagi segala yang hidup seperti yang telah Kulakukan. (Kejadian 8:21) Versus
Dan Ia membunuh beberapa orang Bet-Semes, karena mereka melihat ke dalam tabut TUHAN; Ia membunuh tujuh puluh orang dari rakyat itu. Rakyat itu berkabung, karena TUHAN telah menghajar mereka dengan dahsyatnya. (1 Samuel 6:19) Versus
Lalu roh-roh itu meminta kepada-Nya, katanya: "Suruhlah kami pindah ke dalam babi-babi itu, biarkanlah kami memasukinya!" Yesus mengabulkan permintaan mereka. Lalu keluarlah roh-roh jahat itu dan memasuki babi-babi itu. Kawanan babi yang kira-kira dua ribu jumlahnya itu terjun dari tepi jurang ke dalam danau dan mati lemas di dalamnya. (Markus 5:12-13)
Konteks janji "tidak menghukum" dalam Kejadian 8:21 berbeda dengan penghukuman yang dicatat dalam 1 Samuel 6:19. Orang-orang yang mati yang dicatat dalam 1 Samuel 6:19 ini akibat dari melanggar hukum yang terdapat dalam : Bilangan 4:20
Tetapi janganlah orang Kehat masuk ke dalam untuk melihat barang- barang kudus itu walau sesaat pun, nanti mereka mati."
Orang Kehat adalah keturunan dari putra kedua Lewi. Di padang Gurun, keturunan Kehat bertugas membawa perabot dan perlengkapan Kemah Suci. Jadi pekerjaan orang Kehat dihubungkan erat sekali dengan pekerjaan para imam. Namun mereka tidak pernah (tidak diperbolehkan) melihat atau menjamah perkakas-perkakas Tempat yang Mahakudus, walau sesaat-pun. Apalagi dalam 1 Samuel 6:19, orang Bet-Semes bukan orang yang bertugas akan perkakas Kemah Suci, merekapun juga tidak diperbolehkan "melihat", inilah penyebab kematian mereka.
Sedangkan untuk Markus 5:12-13, tidak ada pertentangan yang patut dipersoalkan karena berbeda konteksnya dengan Kej 8:21 yang berisi janji Allah bahwa Allah tidak akan melakukan penghukuman "Air Bah" lagi yang menyebabkan musnahnya SEGALA makhluk hidup dimuka bumi (baca juga Kej 9:11). Dengan demikian tidak ada kontradiksi!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pencobaan datang dari Diri Anda sendiri

  Nats: Yakobus 1:14-15 (TB)14 Tetapi tiap-tiap orang dicobai oleh keinginannya sendiri, karena ia diseret dan dipikat olehnya. 15 Dan apa...