Jumat, 23 Juni 2017

KEJADIAN 15:13 & KISAH PARA RASUL 7:6 VS KELUARAN 12:40-41 bahwa keturunan Abraham akan diperbudak selama 400 tahun. Tetapi dalam keluaran 12:40-41 dikatakan Israel diam di Mesir 430 tahun.

JAWAB : (Kategori : salah memahami konteks ayat) Keluaran 12:40-41
12:40 Lamanya orang Israel diam di Mesir adalah empat ratus tiga puluh tahun. SHELOSHIM SHANAH {tiga puluh tahun} VE'ARBA ME'OT SHANAH {dan empat ratus tahun} 12:41 Sesudah lewat empat ratus tiga puluh tahun, tepat pada hari itu juga, keluarlah segala pasukan TUHAN dari tanah Mesir.
Bahasa Ibrani: VAYEHI MIKETS SHELOSHIM SHANAH
VE'ARBA ME'OT SHANAH
versus
Firman TUHAN kepada Abram: "Ketahuilah dengan sesungguhnya bahwa keturunanmu akan menjadi orang asing dalam suatu negeri, yang bukan kepunyaan mereka, dan bahwa mereka akan diperbudak dan dianiaya, empat ratus tahun lamanya. (Kejadian 15:13) Ibrani: ARBA ME'OT SHANAH {empat ratus tahun}
Beginilah firman Allah, yaitu bahwa keturunannya akan menjadi pendatang di negeri asing dan bahwa mereka akan diperbudak dan dianiaya empat ratus tahun lamanya. (Kisah 7:6) Yunani: ete tetrakosia {empat ratus tahun}
Tidak ada pertentangan karena bangsa Israel menetap di Mesir pada zaman Yusuf masih hidup. Yusuf memerintah sebagai orang kedua dibawah Firaun. Pada waktu Yusuf masih hidup, Bangsa Israel hidup nyaman di Tanah Gosyen di Mesir dan belum diperbudak. Jadi mereka baru diperbudak setelah Firaun yang lain (raja baru) memerintah, yang tidak mengenal tentang Yusuf (Keluaran 1:8-11) sebagai berikut:
1:8 Kemudian bangkitlah seorang raja baru memerintah tanah Mesir, yang tidak mengenal Yusuf.
1:9 Berkatalah raja itu kepada rakyatnya: "Bangsa Israel itu sangat banyak dan lebih besar jumlahnya dari pada kita. 1:10 Marilah kita bertindak dengan bijaksana terhadap mereka, supaya mereka jangan bertambah banyak lagi dan -- jika terjadi peperangan -- jangan bersekutu nanti dengan musuh kita dan memerangi kita, lalu pergi dari negeri ini."
1:11 Sebab itu pengawas-pengawas rodi ditempatkan atas mereka untuk menindas mereka dengan kerja paksa: mereka harus mendirikan bagi Firaun kota-kota perbekalan, yakni Pitom dan Raamses.
Jadi, bangsa Israel berada/diam/tinggal di Mesir selama 430 tahun namun mereka diperbudak 400 tahun di Mesir karena selama Yusuf memerintah di Mesir, bangsa Israel tidak diperbudak Firaun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pencobaan datang dari Diri Anda sendiri

  Nats: Yakobus 1:14-15 (TB)14 Tetapi tiap-tiap orang dicobai oleh keinginannya sendiri, karena ia diseret dan dipikat olehnya. 15 Dan apa...