Senin, 30 April 2018

PENGANTAR KITAB MAZMUR



Kumpulan Mazmur ini mungkin lebih tepatnya dibagi atas nomor daripada pasal.  Mazmur-mazmur ini merupakan antologi doa dan nyanyian nyanyian umat israel pada masa perjanjian lama, yang juga digunakan pada masa perjanjian Baru, bahkan hingga masa kini.

Digubah dalam bentuk puisi, Mazmur merupakan ungkapan hati terdalam pemazmur kepada Tuhan. ada mazmur-mazmur yang bernuansa syukur, sembah dan keyakinan, yaitu perasaan positif yang diungkapkan kepada Tuhan karena pemazmur mengalami kebaikan Nya.  Mazmur-mazmur ini lahir dari pengalaman dan perasaan yang selaras dengan keyakinan iman pemazmur.  Mazmur syukur dan pujian dimulai dengan ajakan kepada pihak lain untuk ikut bersyukur atau memuji Tuhan. 

Sebaliknya, ada banyak mazmur yang bernada senduh, yaitu mazmur ratapan atau keluhan.  Di sini pemazmur percaya bahwa Tuhan itu baik, tetapi ia sedang mengalami sakit, atau dikepung musuh, atau ditekan oleh Tuhan, entah karena dosa-dosanya atau juga oleh sesuatu yang ia tidak mengerti.  Pemazmur percaya Tuhan itu adil, tetapi ia melihat orang fasik seolah berjaya, sedangkan orang benar seperti kena tulah.  walaupun demikian, kebanyakan mazmur ratapan justru sangat dinamis dalam mengungkapkan perasaannya.  Pemazmur tidak hanya mengeluh, tetapi karena imannya dan juga pengalaman masa lampau-nya ia menaikkan syukur.

Keberadaan kumpulan doa dan nyanyian dari beragam perasaan ini menjadi kekayaan tersendiri bagi umat Tuhan masa kini.  Kita bisa belajar berdoa dengan jujur, mengungkapkan perasaan syukur, sembah, dan keyakinan kita untuk kebaikan-Nya, juga perasaan bingung, sedih, putus asa, bahkan amarah dan protes kita kepada-Nya. Bersama pemazmur, kita bisa meneguhkan bahwa Tuhan tetap baik, adil, dan dapat diandalkan.

Karena arah setiap mazmur ialah dari manusia kepada Tuhan, maka mazmur-mazmur lebih baik dipelajari bukan untuk mendapat pengajaran teologisnya, tetapi sebagai respon umat beriman kepada Tuhan dalam setiap situasi kehidupan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pencobaan datang dari Diri Anda sendiri

  Nats: Yakobus 1:14-15 (TB)14 Tetapi tiap-tiap orang dicobai oleh keinginannya sendiri, karena ia diseret dan dipikat olehnya. 15 Dan apa...