Selasa, 14 Agustus 2018

Jangan Main Perintah

1 Petrus 5:1-11


Jangan dengan terpaksa dan mencari keuntungan diri sendiri, melainkan dengan sukarela dan pengabdian diri.  Begitulah perintah Petrus untuk penatua gembala jemaat. 

Penatua dalam jemaat Petrus belum menjadi suatu jabatan resmi gereja.  Mereka adalah orang-orang yang dianggap dapat memimpin jemaat karena umurnya lebih senior dan sudah lama menjadi orang kristen.  Di tengah tekanansosial yang tidak bersahabat terhadap gereja, kepemimpinan yang berkualitas sangat dibutuhkan jemaat.  Dalam bagian ini Petrus menunjukkan semagat kepemimpinan kolegial (sederajat) dengan menyapa sebagai sesama teman penatua, bukan sebagai rasul seperti sebelumnya (1 Pet. 1:1).

Nasihat Petrus kepada para penatua sangat jelas, yaitu  "Jangalah kamu main perintah, melainkan jadilah teladan". Artinya, penatua tak boleh memimpin dengan tangan besi.  mereka harus mampu memberikan inspirasi dan menjadi teladan bagi jemaatnya. Dengan kerendahan hati, rasa hormat dari kaum muda dapat diperoleh.  Kerendahan hati dan kebergantungan kepada Allah dapat menolong jemaat melawan serangan Si Iblis yang berkeliling seperti singan yang mengaum-ngaum. 
MEnjadi pemimpin jemaat pada zaman yang sulit memiliki beban yang tidak mudah.  Pemimpin bisa menjadi sasaran kekerasan tersendiri ketika jemaat memang sudah menghadapi banyak serangan dari masyarakat setempat.   Dalam situasi demikian, yang dibutuhkan adalah figur pemimpin yang mendahulukan kepentingan jemaat daripada kepentingan dirinya.  Ignatius dari Anthiokia dan Policarpus (abad ke-2) merupakan contoh para pemimpin gerejamula-mula yang disiksa dan di bunuh. 

pemimpin jemaat masa kini menghadapi tantangan yang berbeda.  Namun, Jika kita dengan rendah hati berserah kepada Tuhan, maka Dia akan menguatkan dan melengkapi kita untuk melayani umat-Nya

Disadur dari santapan harian edisi Juli-Agustus 2018

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pencobaan datang dari Diri Anda sendiri

  Nats: Yakobus 1:14-15 (TB)14 Tetapi tiap-tiap orang dicobai oleh keinginannya sendiri, karena ia diseret dan dipikat olehnya. 15 Dan apa...