Rabu, 05 September 2018

Mengenal dan Merespon Allah

Kejadian 41:1-36
Tiada hari tanpa rutinitas.  Apalagi untuk masyarakat kota,  dia sudah seperti sahabat yang terus menemani melewati hari.  Kita melakukan semua kebiasaan itu dengan irama yang monoton.  Akibatnya, kita sering melewati hari begitu saja tanpa belajar apa-apa.  

Keadaan demikian mungkin akan berpengaruh pada pertumbuhan rohani.  Kita bisa saja tidak mengalami kemajuan dalam pengenalan dan pengalaman berjalan bersama Allah.  

Yusuf masi dipenjara selama dua tahun sejak peristiwa juru minum dn juru roti.  Disepanjang waktu itu, Yususf terus melatih dirinya mengenal dan merespon Allah.  

Pada suatu hari,  Firaun bemimpi hingga dua kali.  Tetapi, tidak seorang pun yang mampu mengartikan mimpinya.  Hal ini menyiksa hatinya hingga gunda gulana. 

Seketika juru minum raja mengingat Yusuf.  Dia ingat kalu Yusuf pernah menafsirkan mimpinya.  Firaun akhirnya, menyuru memanggil Yusuf.

Yusuf menghadap dan berkara, "Bukan sekali-kali aku, melainkan Allah juga yang akan memberitakan kesejahteraan kepada tuanku Firaun."

Lewat mimpi itu, Yusuf bisa melihat rencana Allah.  Sebuah rancangan untuk menyatakan kedaulatan-Nya atas dunia.  

Yusuf merespon rencana itu.  Dia mencetuskan suatu gagasan yang sanga brilian.  Sesuatu yang tidak terpikirkan oleh siapaun ketika itu.  Lewat inilah, Yusuf memberitakan perihal Allah kepada Firaun dan bangsa Mesir.  

Yusuf adalah teladan bagaiman merespon Allah.  Dalam kesukaran bertahun-tahun, dia tetap setia kepada Tuhan.  Karena anugerah Allah, dia menunjukkan konsistensi tahan uji.  Dia tidak muda mundur walau banyak aral melintang datang menghadang.

Inilah yang Tuhan harapkan dari kesaksian orang-orang percaya.  Dunia bisa mengenal dia dari cara kita merespon panggilan-Nya. Sehingga, orang mengenal Allah bukan karena kata, tetapi oleh aksi nyata.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pencobaan datang dari Diri Anda sendiri

  Nats: Yakobus 1:14-15 (TB)14 Tetapi tiap-tiap orang dicobai oleh keinginannya sendiri, karena ia diseret dan dipikat olehnya. 15 Dan apa...