Senin, 24 Februari 2020

Satu di dalam Kristus

Judul: Satu di dalam Kristus
Nats: Ef 4:3-6
"Ef 4:3 Dan berusahalah memelihara kesatuan Roh oleh ikatan damai sejahtera: 4:4 satu tubuh, dan satu Roh, sebagaimana kamu telah dipanggil kepada satu pengharapan yang terkandung dalam panggilanmu, 4:5 satu Tuhan , satu iman, satu baptisan, 4:6 satu Allah dan Bapa dari semua, Allah yang di atas semua dan oleh semua dan di dalam semua."


Setiap orang yang sudah percaya kepada Kristus otomatis disebut Tubuh Kristus. Dengan demikian, mereka menjadi satu di dalam Kristus. Namun demikian, dewasa ini banyak sekali jemaat yang rentan terhadap perpecahan. Dalam suratnya kepada jemaat di Efesus, Paulus menasehatkan agar waspada terhadap perpecahan yang dapat terjadi di dalam tubuh Kristus. Dengan sikap waspada ini jemaat di Efesus dapat memelihara persatuan.

Persatuan di dalam Tubuh Kristus memiliki beberapa ciri. Ciri pertama adalah satu Roh. Roh yang dimaksud disini adalah Roh Kristus. Setiap tubuh Kristus memiliki iman yang sama yaitu Yesus Kristus. Maka dari itu dapat dipastikan bahwa dalam tubuh Kristus tidak ada yang memiliki iman selain dari pada Yesus.

Ciri terakhir adalah satu pengharapan. Yang dimaksud satu pengharapan adalah hanya berharap kepada Yesus saja. Setiap tubuh Kristus pasti hanya berharap kepada Yesus saja. Ini dikarenakan mereka percaya bahwa Yesus adalah Tuhan dan dibuktikan melalui baptisan. Maka dari itu mereka hanya berharap kepada Yesus saja.

 Dewasa ini perpecahan masih menjadi masalah serius bagi setiap gereja. Banyak gereja yang pada akhirnya terpecah. Maka dari itu setiap tubuh Kristus perlu memelihara kesatuan

By: Felix Justian 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pencobaan datang dari Diri Anda sendiri

  Nats: Yakobus 1:14-15 (TB)14 Tetapi tiap-tiap orang dicobai oleh keinginannya sendiri, karena ia diseret dan dipikat olehnya. 15 Dan apa...