Senin, 30 Maret 2020

Berkenan di hadapan Tuhan

Judul: Berkenan di hadapan Tuhan
Nats: 1 Kor 10:10-13

"10:10 Dan janganlah bersungut-sungut, seperti yang dilakukan oleh beberapa orang dari mereka, sehingga mereka dibinasakan oleh malaikat maut.10:11 Semuanya ini telah menimpa mereka sebagai contoh dan dituliskan untuk menjadi peringatan bagi kita yang hidup pada waktu, di mana zaman akhir telah tiba. 10:12 Sebab itu siapa yang menyangka, bahwa ia teguh berdiri, hati-hatilah supaya ia jangan jatuh! 10:13 Pencobaan-pencobaan yang kamu alami ialah pencobaan-pencobaan biasa, yang tidak melebihi kekuatan manusia. Sebab Allah setia dan karena itu Ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu. Pada waktu kamu dicobai Ia akan memberikan kepadamu jalan ke luar, sehingga kamu dapat menanggungnya."


Dewasa ini setiap orang percaya perlu memperhatikan hidupnya agar berkenan di hadapan Tuhan. Ini menjadi penting agar orang percaya dapat mengerti bagaimana harus menyikapi kehidupan dalam terang Kristus.

Dari 1 Kor 10:10-13 kita belajar bahwa setidaknya ada dua pokok penting agar seorang percaya dapat berkenan di hadapan Tuhan. Pertama, jangan bersungut-sungut. Bersungut-sungut atau mengeluh adalah hal yang membuat kita tidak berkenan di hadapan Tuhan. Ini dikarenakan dengan bersungut-sungut kita tidak bersyukur atas berkat yang diberikan oleh Tuhan. Kedua, percaya kepada pemeliharaan Allah. Yang dimaksud disini adalah percaya bahwa Allah selalu memelihara kita dalam kondisi sesulit apapun. Dengan mempercayai bahwa Allah yang memegang kendali kehidupan ini maka hidup kita dapat dikatakan berkenan di hadapan Allah.

Dengan tidak bersungut-sungut dan mempercayai bahwa Allah adalah pemelihara sejati maka hidup kita dapat dikatakan berkenan di hadapan Allah. Jika diterapkan ke masalah yang terjadi di dunia sekarang perihal corona, maka kita tidak perlu bersungut-sungut terhadap corona karena Allah selalu memegang kendali atas kehidupan kita termasuk alam semesta ini. Terakhir, hendaknya kita terus mempercayai Tuhan apapun keadaan yang sedang dialami saat ini.

By: Felix Justian Harnanta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pencobaan datang dari Diri Anda sendiri

  Nats: Yakobus 1:14-15 (TB)14 Tetapi tiap-tiap orang dicobai oleh keinginannya sendiri, karena ia diseret dan dipikat olehnya. 15 Dan apa...