Selasa, 28 April 2020

Menguji daya tahan



Judul: Menguji daya tahan

Nats: Rm. 5:1-5


5:1 “Sebab itu, kita yang dibenarkan karena iman, kita hidup dalam damai sejahtera dengan Allah oleh karena Tuhan kita, Yesus Kristus. 5:2 Oleh Dia kita juga beroleh jalan masuk oleh iman kepada kasih karunia ini. Di dalam kasih karunia ini kita berdiri dan kita bermegah dalam pengharapan akan menerima kemuliaan Allah. 5:3 Dan bukan hanya itu saja. Kita malah bermegah juga dalam kesengsaraan kita, karena kita tahu, bahwa kesengsaraan itu menimbulkan ketekunan, 5:4 dan ketekunan menimbulkan tahan uji dan tahan uji menimbulkan pengharapan. 5:5 Dan pengharapan tidak mengecewakan, karena kasih Allah telah dicurahkan di dalam hati kita oleh Roh Kudus yang telah dikaruniakan kepada kita. 


Daya tahan seseorang biasanya berhubungan dengan sebuah ketekunan. Rasul Paulus menjelaskan bahwa ketekunan adalah landasan agar seseorang memiliki daya tahan yang baik. Maka dari itu seseorang harus memiliki ketekunan demi mendapat daya tahan yang baik

Berdasarkan Roma 5 kita belajar bahwa setidaknya ada dua daya tahan yang harus diuji. Pertama, daya tahan mental. Daya tahan mental sangat diperlukan agar manusia memiliki kedewasaan dalam menyikapi setiap masalah yang ada. Masalah tersebut berbagai macam adanya seperti masalah keuangan, hubungan, dan sebagainya. Lebih lanjut, daya tahan mental sangat diperlukan agar manusia tidak mudah menyerah dalam menghadapi masalah melainkan terus berjuang untuk menyelesaikannya.

Kedua, Daya tahan rohani. Daya tahan rohani berbicara bagaimana seseorang tetap dekat dengan dengan Tuhan meskipun banyak masalah yang ada. Pada hakikatnya, manusia cenderung melupakan Tuhan jika sedang terjadi masalah dan lebih banyak mengandalkan diri sendiri. Namun demikian, seharusnya setiap orang percaya mendekatkan dirinya kepada Tuhan saat terjadi sebuah masalah bukannya menjauhkan diri.

Pada akhirnya daya tahan mental dan rohani setiap orang percaya bermuara kepada pengharapan yang pasti di dalam Kristus. Pengharapan yang dimaksud adalah janji bahwa Kristus pasti memberikan jalan keluar untuk setiap masalah yang dihadapi oleh setiap orang percaya.
 

By: Felix Justian Harnanta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Segarkan Hidup Setiap Hari

 Nats: Mzm 52:8-9 Tetapi aku ini seperti pohon zaitun yang menghijau di dalam rumah Allah; aku percaya r   akan kasih setia Allah untuk s...