Jumat, 10 April 2020

Memaknai kematian Kristus

Judul: Memaknai kematian Kristus
Nats: Kel 12:12-14
12:12"Sebab pada malam ini Aku akan menjalani tanah Mesir, dan semua anak sulung, dari anak manusia sampai anak binatang, akan Kubunuh, dan kepada semua allah di Mesir akan Kujatuhkan hukuman, Akulah, TUHAN. 12:13 Dan darah itu menjadi tanda bagimu pada rumah-rumah di mana kamu tinggal: Apabila Aku melihat darah itu, maka Aku akan lewat dari pada kamu. Jadi tidak akan ada tulah kemusnahan di tengah-tengah kamu, apabila Aku menghukum tanah Mesir. 12:14 Hari ini akan menjadi hari peringatan bagimu. Kamu harus merayakannya sebagai hari raya bagi TUHAN turun-temurun. Kamu harus merayakannya sebagai ketetapan untuk selamanya .

Kematian Kristus atau yang lebih dikenal dengan perayaan jumat agung adalah perayaan yang sangat penting bagi setiap orang percaya. Lewat kematian Kristus setiap orang percaya diajak merenung kembali betapa besar pengorbanan-Nya di kayu salib demi menebus dosa umat manusia. Lebih lanjut lagi lewat kematian Kristus kita memperoleh keselamatan dan memperoleh kehidupan kekal.

Kematian Kristus juga mengajak untuk merefleksikan kehidupan kita. Dalam 1 Kor 5:7-8 kita diajar untuk merfleksikan arti kematian Kristus bagi. Setidaknya ada 2 hal penting dalam 1 Kor 5:7-8 tentang refleksi kematian Kristus. Pertama, hidup dalam kekudusan. Penebusan dosa yang dilakukan Kristus di kayu salib tidak secara langsung membuat orang percaya hidup seenaknya melainkan harus menjaga hidup kudus di hadapan Tuhan. Kedua, hidup dalam kebenaran. Kita sebagai orang percaya yang sudah ditebus darah Kristus sudah seharusnya hidup dalam kebenaran. Ini dikarenakan hidup dalam kebenaran mencerminkan kita sebagai umat yang sudah dibenarkan oleh Kristus.

Hendaknya kematian Kristus di kayu salib tidak kita sia-siakan melainkan mensyukurinya sebagai anugerah yang paling berharga dalam hidup kita.

By: Felix Justian
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pencobaan datang dari Diri Anda sendiri

  Nats: Yakobus 1:14-15 (TB)14 Tetapi tiap-tiap orang dicobai oleh keinginannya sendiri, karena ia diseret dan dipikat olehnya. 15 Dan apa...