Selasa, 05 Mei 2020

Dua macam dasar


https://cahayapengharapan.org/dua-macam-dasar/

Judul: Dua macam dasar
Nats: Mat 7:24-27
"7:24 Setiap orang yang mendengar perkataan-Ku ini dan melakukannya, ia sama dengan orang yang bijaksana, yang mendirikan rumahnya di atas batu. 7:25 Kemudian turunlah hujan dan datanglah banjir, lalu angin melanda rumah itu, tetapi rumah itu tidak rubuh sebab didirikan di atas batu. 7:26 Tetapi setiap orang yang mendengar perkataan-Ku ini dan tidak melakukannya, ia sama dengan orang yang bodoh, yang mendirikan rumahnya di atas pasir. 7:27 Kemudian turunlah hujan dan datanglah banjir, lalu angin melanda rumah itu, sehingga rubuhlah rumah itu dan hebatlah kerusakannya."

Pada dasarnya setiap orang yang percaya kepada Kristus haruslah melakukan kehendak-Nya. Namun, pada kenyataannya banyak orang percaya yang tidak melakukan kehendak-Nya. Orang percaya golongan ini sering disebut Kristen KTP. Umumnya mereka hanya melakukan kehendak sendiri dan bersandar pada pengertian mereka sendiri.

Yesus mengumpamakan seseorang yang tidak melakukan Firman-Nya seperti orang yang mendirikan rumahnya di atas pasir. Artinya mereka tidak memiliki dasar yang kokoh untuk menjalani kehidupan. Lain halnya dengan yang melakukan Firman-Nya mereka diumpamakan seperti seseorang yang mendirikan rumahnya di atas batu. Artinya mereka yang melakukan Firman Tuhan tidak akan goyah dalam menjalani kehidupan.

Perumpamaan tentang dua dasar mengingatkan kita akan dua hal penting. Yang pertama adalah mendengar apa yang Tuhan mau melalui Firman-Nya. Ini menjadi penting karena Firman Tuhan adalah pegangan hidup kita sebagai orang percaya. Tanpa Firman Tuhan maka orang percaya tidak memiliki dasar yang jelas dalam menjalani kehidupan. Yang kedua adalah melakukan kehendak-Nya. Untuk memiliki dasar yang kokoh tidak cukup hanya menjadi pendengar saja melainkan harus menjadi pelaku. Dengan menjadi pelaku Firman maka setiap orang percaya dapat dikatakan telah menjadi pengikut yang sejati.

Hendaknya kita sebagai orang percaya tetap menjadi pelaku Firman Tuhan sehingga nama Tuhan dipermuliakan.

By: Felix Justian Harnanta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pencobaan datang dari Diri Anda sendiri

  Nats: Yakobus 1:14-15 (TB)14 Tetapi tiap-tiap orang dicobai oleh keinginannya sendiri, karena ia diseret dan dipikat olehnya. 15 Dan apa...