Minggu, 03 Mei 2020

Tuhan: Hakim yang Adil



Judul: Tuhan: Hakim yang Adil
Nats: Mzm 82:1-8
"82:1 Mazmur Asaf. Allah berdiri dalam sidang ilahi, di antara para allah Ia menghakimi: 82:2 "Berapa lama lagi kamu menghakimi dengan lalim dan memihak kepada orang fasik? Sela 82:3 Berilah keadilan kepada orang yang lemah dan kepada anak yatim,  belalah hak orang sengsara dan orang yang kekurangan! 82:4 Luputkanlah orang yang lemah dan yang miskin, lepaskanlah mereka dari tangan orang fasik!" 82:5 Mereka tidak tahu dan tidak mengerti apa-apa, dalam kegelapan  mereka berjalan; goyanglah segala dasar bumi. 82:6 Aku sendiri telah berfirman: "Kamu adalah allah dan anak-anak Yang Mahatinggi kamu sekalian. -- 82:7 Namun seperti manusia kamu akan mati dan seperti salah seorang pembesar kamu akan tewas." 82:8 Bangunlah ya Allah, hakimilah bumi, sebab Engkaulah yang memiliki segala bangsa.

Dewasa ini keadilan dalam dunia sangat susah untuk dicari. Bahkan, hakim yang disebut sebagai sosok yang adil justru menjadi sosok yang tidak adil. Akibat dari hal ini banyak orang mulai mempertanyakan dimanakah keadilan? Pertanyaan ini muncul akibat semakin banyak orang yang diperlakukan tidak adil.

Kondisi di atas juga sama halnya dengan yang dialami pemazmur. Pemazmur mempertanyakan mengapa banyak hakim yang lebih memihak kepada orang fasik daripada orang-orang yang lemah. Lebih lanjut, pemazmur melihat bahwa perilaku seseorang yang bergelar hakim tidak mencerminkan keadilan sama sekali. Maka dari itu pemazmur berdoa agar Tuhan mengadili bumi.

Sejatinya, keadilan hanya milik Tuhan semata. Oleh karena itu setiap orang percaya harus bergantung hanya kepada Tuhan bukan kepada manusia. Yang dimaksud bergantung kepada Tuhan adalah mengandalkan Tuhan dalam setiap persoalan yang ada. Dengan demikian, setiap orang percaya tidak kecewa dengan ketidakadilan yang terjadi karena bergantung kepada Tuhan yang adalah hakim yang adil.

By: Felix Justian Harnanta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pencobaan datang dari Diri Anda sendiri

  Nats: Yakobus 1:14-15 (TB)14 Tetapi tiap-tiap orang dicobai oleh keinginannya sendiri, karena ia diseret dan dipikat olehnya. 15 Dan apa...