Jumat, 05 Juni 2020

Siapakah Antikristus


https://www.pastordepan.com/tanda-akhir-zaman-munculnya-antikristus/
Nats: 1 Yoh 2:22-27
2:22 "Siapakah pendusta itu? Bukankah dia yang menyangkal bahwa Yesus adalah Kristus? Dia itu adalah antikristus, yaitu dia yang menyangkal baik Bapa maupun Anak. 2:23 Sebab barangsiapa menyangkal Anak, ia juga tidak memiliki Bapa. Barangsiapa mengaku Anak, ia juga memiliki Bapa. 2:24 Dan kamu, apa yang telah kamu dengar dari mulanya, itu harus tetap tinggal di dalam kamu. Jika apa yang telah kamu dengar dari mulanya itu tetap tinggal di dalam kamu, maka kamu akan tetap tinggal di dalam Anak dan di dalam Bapa. 2:25 Dan inilah janji yang telah dijanjikan-Nya sendiri kepada kita, yaitu hidup yang kekal. 2:26 Semua itu kutulis kepadamu, yaitu mengenai orang-orang yang berusaha menyesatkan kamu. 2:27 Sebab di dalam diri kamu tetap ada pengurapan yang telah kamu terima dari pada-Nya. Karena itu tidak perlu kamu diajar oleh orang lain. Tetapi sebagaimana pengurapan-Nya mengajar kamu tentang segala sesuatu dan pengajaran-Nya itu benar, tidak dusta dan sebagaimana Ia dahulu telah mengajar kamu, demikianlah hendaknya kamu tetap tinggal di dalam Dia.

Dalam dunia kekristenan istilah antikristus adalah istilah yang paling banyak dibicarakan. Istilah ini seringkali dihubungkan dengan organisasi rahasia (freemasonry), kelompok gereja setan, segitiga bermuda, 666 dan sebagainya. Dengan persepsi demikian tak jarang setiap orang percaya melihat bahwa antikristus sebagai suatu organisasi yang dikhususkan untuk melawan Kristus.

Istilah Antikristus sebenarnya sudah ada sejak zaman murid Yesus yaitu Yohanes. Pada zaman ini Yohanes mengingatkan agar setiap orang percaya memiliki pemahaman yang benar tentang siapa itu antikristus. Yohanes mengajarkan bahwa antikristus adalah semua orang tanpa terkecuali yang tidak percaya kepada Tuhan Yesus. Jadi semua orang di luar Kristus pada zaman Yohanes disebut AntiKristus.

Lantas, siapakah sebenarnya antikristus? Jika ditelusuri lebih dalam istilah antikristus sebenarnya menunjuk kepada semua orang yang tidak percaya kepada Yesus. Dengan demikian, antikristus bukan menunjuk kepada suatu kelompok independen melainkan lebih bersifat universal. Lebih lanjut, sikap untuk menyikapi keadaan ini juga tak kalah penting. Banyak orang percaya yang takut dengan istilah antikristus. Namun demikian, Yesus mengajarkan kita agar bertahan dalam iman. Artinya kita tetap mempertahankan iman di tengah banyaknya orang percaya.

Sebagai orang percaya marilah kita terus mempertahankan iman di tengah semakin banyaknya orang yang tidak percaya kepada Kristus.

By: Felix Justian Harnanta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Segarkan Hidup Setiap Hari

 Nats: Mzm 52:8-9 Tetapi aku ini seperti pohon zaitun yang menghijau di dalam rumah Allah; aku percaya r   akan kasih setia Allah untuk s...