Senin, 17 Agustus 2020

Menghadapi Situasi tak Terhindarkan

 Nats: Mzm 34: 1, 7-11

"Dari Daud, pada waktu ia pura-pura tidak waras pikirannya  di depan Abimelekh, sehingga ia diusir, lalu pergi. (34-8) Malaikat TUHAN berkemah di sekeliling orang-orang yang takut akan Dia, lalu meluputkan mereka. 34:8 (34-9) Kecaplah dan lihatlah, betapa baiknya TUHAN itu! Berbahagialah orang yang berlindung pada-Nya! 34:9 (34-10) Takutlah akan TUHAN, hai orang-orang-Nya yang kudus, sebab tidak berkekurangan orang yang takut akan Dia! 34:10 (34-11) Singa-singa muda merana kelaparan, tetapi orang-orang yang mencari TUHAN, tidak kekurangan sesuatupun yang baik

Dalam kehidupan seringkali manusia menjumpai banyak situasi yang tak terhindarkan. Situasi tersebut antara lain: bencana alam, kecelakaan, dan sebagainya. Akibat kejadian tersebut tak jarang manusia mengalami keputusasaan. Lebih lanjut, situasi yang tidak terhindarkan membuat manusia menempuh jalan pintas seperti: korupsi, mencuri, dan sebagainya.

Situasi yang tak terhindarkan juga menjadi bagian dalam hidup orang percaya. Dalam Alkitab situasi tersebut terjadi kepada Daud. Daud adalah seorang yang berkenan di hati Tuhan sekaligus orang yang membawa Israel menang dalam berbagai perang. Meski demikian, tetap saja Daud menghadapi situasi yang tak terhindarkan dalam hidupnya. Situasi tersebut adalah ketakutan saat menghadapi Abimelekh yang sejatinya adalah imam kerajaan yang sudah dikalahkan Daud.   

Dari nats di atas ada dua pelajaran penting bagaimana kita bisa menghadapi situasi yang tak terhindarkan. Pertama, tetap percaya kepada Tuhan. Daud di tengah ketakutannya tetap percaya bahwa Tuhan akan selalu melindungi dirinya dari berbagai ancaman yang ada (pembunuhan, kekerasan dan sebagainya). Kedua, berharap hanya kepada Tuhan. Daud sepanjang hidupnya tidak pernah mengharap manusia untuk menolongnya saat di medan perang maupun saat di dalam situasi yang terhindarkan (anaknya meninggal, dikejar-kejar untuk dibunuh, dan sebagainya). 

Sebagai orang percaya hendaknya kita mencontoh apa yang dilakukan Daud. Kita harus tetap percaya kepada Tuhan dan senantiasa mengandalkan-Nya dalam segala situasi. Lebih lanjut, jangan pernah bergantung kepada manusia yang terbatas karena hasilnya pasti mengecewakan melainkan berharaplah kepada Tuhan yang tak pernah mengecewakan.

By: Felix Justian Harnanta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan Barter Tuhan dengan Apapun

 Nats: Mat 19:16-24 Ada seorang datang kepada Yesus, dan berkata: "Guru, perbuatan baik apakah yang harus kuperbuat untuk memperoleh hi...