Senin, 31 Agustus 2020

Menyikapi Situasi yang tak Terhindarkan (bag 2)

 

Nats: Mzm 34:9, 14-15

"Kecaplah dan lihatlah, betapa baiknya TUHAN itu! Berbahagialah orang yang berlindung pada-Nya!  34:13 (34-14) Jagalah lidahmu terhadap yang jahat dan bibirmu terhadap ucapan-ucapan yang menipu; 34:14 (34-15) jauhilah yang jahat dan lakukanlah yang baik, carilah perdamaian dan berusahalah mendapatkannya! 

 

Banyak sekali situasi yang tak terhindarkan terjadi dalam hidup setiap orang termasuk orang percaya. Namun, setiap orang percaya dituntut untuk memiliki respon yang berbeda dari kebanyakan orang. Respon berbeda tersebut muncul karena kesadaran bahwa Allah selalu menyertai setiap kehidupan orang percaya. Lebih lanjut, penyertaan Allah mencakup dua hal penting yaitu pemeliharaan dan perlindungan. Kedua hal inilah yang menuntut orang percaya agar bersikap dengan benar terhadap situasi yang tak terhindarkan.

Kesadaran akan dua hal di atas belumlah cukup untuk menyikapi dengan benar situasi yang tak terhindarkan. Orang percaya perlu memiliki konsistensi dalam berbagai hal. Konsistensi pertama adalah konsisten dalam pujian dan penyembahan. Yang dimaksud disini adalah kita sebagai orang percaya harus konsisten dalam mengucap syukur untuk setiap kebaikkan yang diberikan Tuhan. Lebih lanjut, mengucap syukur adalah respon yang benar ketika menghadapi situasi yang tak terhindarkan. Ini dikarenakan dengan mengucap syukur kita berarti mempercayai bahwa Tuhan selalu mempunyai maksud baik di balik setiap peristiwa yang terjadi

Konsistensi terakhir adalah menjaga kekudusan hidup. Sebagai orang percaya menjaga kekudusan hidup adalah penting karena berhubungan dengan respon kita terhadap situasi yang tak terhindarkan. Artinya dengan menjaga kekudusan kita terhindar dari cara yang salah untuk menyelesaikan situasi yang tak terhindarkan. Cara yang dimaksud antara lain mencuri saat kekurangan, membunuh saat ada kejengkelan, dan sebagainya.

Pada akhirnya sebagai orang percaya hendaklah kita tetap mengandalkan Tuhan dalam segala hal. Janganlah kita mengandalkan kekuatan diri sendiri untuk menyelesaikan setiap masalah yang ada.

By: Felix Justian Harnanta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Segarkan Hidup Setiap Hari

 Nats: Mzm 52:8-9 Tetapi aku ini seperti pohon zaitun yang menghijau di dalam rumah Allah; aku percaya r   akan kasih setia Allah untuk s...