Rabu, 23 September 2020

Jangan sia-siakan Keselamatan

Nats: Yes 55:1-13

"

1 Ayo, hai semua orang yang haus, marilah dan minumlah air, dan hai orang yang tidak mempunyai uang, marilah! Terimalah gandum tanpa uang pembeli dan makanlah, juga anggur dan susu tanpa bayaran! 2 Mengapakah kamu belanjakan uang untuk sesuatu yang bukan roti, dan upah jerih payahmu untuk sesuatu yang tidak mengenyangkan? Dengarkanlah Aku maka kamu akan memakan yang baik dan kamu akan menikmati sajian yang paling lezat. 3 Sendengkanlah telingamu dan datanglah kepada-Ku; dengarkanlah, maka kamu akan hidup! Aku hendak mengikat perjanjian abadi dengan kamu, menurut kasih setia yang teguh yang Kujanjikan kepada Daud. 4 Sesungguhnya, Aku telah menetapkan dia menjadi saksi bagi bangsa-bangsa, menjadi seorang raja dan pemerintah bagi suku-suku bangsa; 5 sesungguhnya, engkau akan memanggil bangsa yang tidak kaukenal, dan bangsa yang tidak mengenal engkau akan berlari kepadamu, oleh karena TUHAN, Allahmu, dan karena Yang Mahakudus, Allah Israel, yang mengagungkan engkau. 6 Carilah TUHAN selama Ia berkenan ditemui; berserulah kepada-Nya selama Ia dekat! 7 Baiklah orang fasik meninggalkan jalannya, dan orang jahat meninggalkan rancangannya; baiklah ia kembali kepada TUHAN, maka Dia akan mengasihaninya, dan kepada Allah kita, sebab Ia memberi pengampunan dengan limpahnya. 8 Sebab rancangan-Ku bukanlah rancanganmu, dan jalanmu bukanlah jalan-Ku, demikianlah firman TUHAN. 9 Seperti tingginya langit dari bumi, demikianlah tingginya jalan-Ku dari jalanmu dan rancangan-Ku dari rancanganmu. 10 Sebab seperti hujan dan salju turun dari langit dan tidak kembali ke situ, melainkan mengairi bumi, membuatnya subur dan menumbuhkan tumbuh-tumbuhan, memberikan benih kepada penabur dan roti kepada orang yang mau makan, 11 demikianlah firman-Ku yang keluar dari mulut-Ku: ia tidak akan kembali kepada-Ku dengan sia-sia, tetapi ia akan melaksanakan apa yang Kukehendaki, dan akan berhasil dalam apa yang Kusuruhkan kepadanya. 12 Sungguh, kamu akan berangkat dengan sukacita dan akan dihantarkan dengan damai; gunung-gunung serta bukit-bukit akan bergembira dan bersorak-sorai di depanmu, dan segala pohon-pohonan di padang akan bertepuk tangan. 13 Sebagai ganti semak duri akan tumbuh pohon sanobar, dan sebagai ganti kecubung akan tumbuh pohon murad, dan itu akan terjadi sebagai kemasyhuran bagi TUHAN, sebagai tanda abadi yang tidak akan lenyap.

Banyak orang diluar sana mungkin tanpa disadari telah menyia-nyiakan setiap kesempatan dalam hidup, namun semua yang sudah tidak dapat kembali yang ada hanyalah memperbaiki diri menjadi lebih baik lagi karena itulah yang dapat dilakukan.  Ayat 1 dari kitab Yesaya 55 ini ketika setiap meresponi keselamatan yang dari Tuhan, Tuhan sanggup menjadi jaminan bagi hidup setiap anak-anak Tuhan yang berseru dan berharap tidak akan Tuhan biarkan usaha dan kerja keras begitu saja.  Tuhan sanggup menyediakan hal yang diperlukan bagi kelangsungan kehidupan ketika berdoa dan meminta setiap apapun yang di bawah dalam doa Tuhan sedang kerjakan sesuatu bagi hidup setiap orang percaya dan berharap sepenuhnya.  Yang hanya perlu dilakukan adalah tetap berjalan dalam rencana keselamatan yang sudah disediakan. 

Berikanlah telinga untuk ditegur kepada segala sesuatu yang membawah hidup kepada jalan kebenaran jangan pernah menolak hal yang baik, sebab di dalam teguran yang baik terdapat pemulihan yang akan dialami bersama dengan Tuhan.  Buanglah segala sesuatu yang tidak memberikan dampak yang positif sama sekali dalam kehidupan, bangun diri sendiri untuk bangkit dari setiap keterpurukan hidup yang dialami.  Jangan pernah salahkan keadaan hidup yang dijalani tetapi pandanglah semua yang terjadi sebagai bagian dari proses hidup yang harus dialami untuk semakin lebih mengenal pribadi Tuhan yang disembah lewat semua keadaan sulit yang dialami sebab semuanya memiliki tujuan tersendiri.  Setiap orang tidak ada yang sempurna hanya butuh waktu saja untuk Tuhan kerjakan rencana Tuhan dalam kehidupan setiap pribadi keselamatan yang Tuhan sediakan bagi setiap orang untuk merupakan wujud nyata bahwa Tuhan mengasihi hidup setiap semua orang tanpa ada pengecualian.

Yesaya 55: 6 carilah Tuhan selama Ia berkenan ditemui, berserulah kepadanya selama Ia dekat.  Carilah Tuhan dengan sungguh-sungguh jangan main-main dengan keselamatan yang sudah Tuhan tawarkan kerjakanlah keselamatan dengan takut dan gentar.  Cara untuk benar-benar ada dalam keselamatan yang Tuhan sudah sediakan adalah bangun komitmen yang kuat untuk tinggalkan hal-hal yang bertentangan dengan kebenaran Firman Tuhan, bangun diri untuk hati ini tetap berkomunikasi dengan Tuhan setiap waktu, Tuhan ada bagi hidup setiap orang yang berseru dan mencari wajah Tuhan.

Rencana dan rancangan Tuhan ada atas kehidupan setiap orang apabila mau untuk berjalan dalam rencana keselamatan yang Tuhan sediakan bagi hidup setiap orang percaya, asalkan mau memiliki komitmen yang kuat untuk meninggalkan dosa dan memilih untuk berjalan dalam rencana keselamatan yang Tuhan sediakan.  Setiap orang yang telah membuat pilihan yang benar untuk tetap ada dalam kasih karunia yang Tuhan sediakan ia tidak perlu kuatir akan banyak hal sebab Tuhan yang memiliki peran penting dalam kehidupan setiap orang yang telah memilih jalan keselamatan dan mengambil keputusan untuk menggantungkan hidup sepenuhnya dalam tangan Tuhan.


By: Linda Wijayarso

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Segarkan Hidup Setiap Hari

 Nats: Mzm 52:8-9 Tetapi aku ini seperti pohon zaitun yang menghijau di dalam rumah Allah; aku percaya r   akan kasih setia Allah untuk s...