Senin, 12 Oktober 2020

Kesalehan Palsu dan Sejati


 Nats: Yes 58:1-12

1 Serukanlah kuat-kuat, janganlah tahan-tahan! Nyaringkanlah suaramu bagaikan sangkakala, beritahukanlah kepada umat-Ku pelanggaran mereka dan kepada kaum keturunan Yakub dosa mereka! 2 Memang setiap hari mereka mencari Aku dan suka untuk mengenal segala jalan-Ku. Seperti bangsa yang melakukan yang benar dan yang tidak meninggalkan hukum Allahnya mereka menanyakan Aku tentang hukum-hukum yang benar, mereka suka mendekat menghadap Allah, tanyanya: 3 "Mengapa kami berpuasa dan Engkau tidak memperhatikannya juga? Mengapa kami merendahkan diri dan Engkau tidak mengindahkannya juga?" Sesungguhnya, pada hari puasamu engkau masih tetap mengurus urusanmu, dan kamu mendesak-desak semua buruhmu. 4 Sesungguhnya, kamu berpuasa sambil berbantah dan berkelahi serta memukul dengan tinju dengan tidak semena-mena. Dengan caramu berpuasa seperti sekarang ini suaramu tidak akan didengar di tempat tinggi. 5 Sungguh-sungguh inikah berpuasa yang Kukehendaki, dan mengadakan hari merendahkan diri, jika engkau menundukkan kepala seperti gelagah dan membentangkan kain karung dan abu sebagai lapik tidur? Sungguh-sungguh itukah yang kausebutkan berpuasa, mengadakan hari yang berkenan pada TUHAN? 6 Bukan! Berpuasa yang Kukehendaki, ialah supaya engkau membuka belenggu-belenggu kelaliman, dan melepaskan tali-tali kuk, supaya engkau memerdekakan orang yang teraniaya dan mematahkan setiap kuk, 7 supaya engkau memecah-mecah rotimu bagi orang yang lapar dan membawa ke rumahmu orang miskin yang tak punya rumah, dan apabila engkau melihat orang telanjang, supaya engkau memberi dia pakaian dan tidak menyembunyikan diri terhadap saudaramu sendiri! 8 Pada waktu itulah terangmu akan merekah seperti fajar dan lukamu akan pulih dengan segera; kebenaran menjadi barisan depanmu dan kemuliaan TUHAN barisan belakangmu. 9 Pada waktu itulah engkau akan memanggil dan TUHAN akan menjawab, engkau akan berteriak minta tolong dan Ia akan berkata: Ini Aku! Apabila engkau tidak lagi mengenakan kuk kepada sesamamu dan tidak lagi menunjuk-nunjuk orang dengan jari dan memfitnah, 10 apabila engkau menyerahkan kepada orang lapar apa yang kauinginkan sendiri dan memuaskan hati orang yang tertindas maka terangmu akan terbit dalam gelap dan kegelapanmu akan seperti rembang tengah hari. 11 TUHAN akan menuntun engkau senantiasa dan akan memuaskan hatimu di tanah yang kering, dan akan membaharui kekuatanmu; engkau akan seperti taman yang diairi dengan baik dan seperti mata air yang tidak pernah mengecewakan. 12 Engkau akan membangun reruntuhan yang sudah berabad-abad, dan akan memperbaiki dasar yang diletakkan oleh banyak keturunan. Engkau akan disebutkan "yang memperbaiki tembok yang tembus", "yang membetulkan jalan supaya tempat itu dapat dihuni". 

Kesalehan yang palsu hanya mau untuk terlihat rohani di depan orang tetapi kenyataan hidup yang sebenar tidak seperti itu, berbeda dengan kesalehan yang sejati memiliki hati yang terbuka untuk Tuhan ubahkan setiap hari. Tunjukanlah sikap hidup yang benar dimanapun anda berada, untuk menjadi benar tidak perlu oranglain mengetahui apa yang sedang dikerjakan bagi pekerjaan Tuhan.  Menarik sekali dari kitab Yesaya 58:3-5 Kebiasaan dari bangsa Israel berpuasa namun sikap yang mereka tunjukan tidak menjadi berkat.  Sikap dan tindakan itu menunjukan apa yang dilakukan dari hati atau hanya sebatas kewajiban. Segala sesuatu yang dilakukan hanya sebatas kewajiban saja anda tidak melihat karya Tuhan yang akan Tuhan kerjakan dalam kehidupan anda.  Bukan karena kewajiban melakukan segala sesautu namun kepada apa yang anda dapatkan ketika semua itu dikerjakan bukan karena kewajiban kembali kepada setiap pribadi. Ijinkan karya Tuhan nyata dalam kehidupan anda, dengan begitu anda akan menjadi berkat juga bagi orang lain karena anda lebih dulu mengijinkan karya Tuhan dinyatakam atas kehidupan anda.

Karya yang Tuhan kerjakan dalam kehidupan anda itulah yang akan menjadi pengubah bagi kehidupan setiap orang yang anda layani. Yesaya 58:6-8 jadilah pribadi yang membawah pemulihan, membawah orang-orang diluar sana terlepas dari setiap kuk perhambaan oleh dosa, menjadi jawaban bagi orang-orang yang membutuhkan uluran tangan kasih anda, memiliki hati yang penuh belas kasihan ketika melihat kekurangan orang lain untuk menjadi penolong. Dan paling penting adalah kebenaran Tuhan menjadi bagian utama dalam kehidupan anda kerjakanlah semuanya dengan takut dan gentar dan biarlah kemuliaan Tuhan menjadi barisan paling belakang.

Jawaban doa dapat terlihat ketika anda tidak lagi menjadi hakim bagi orang lain, tidak menjadi penindas bagi yang lemah dan tidak menjadi hakim atas kesalahan orang lain. Koreksi diri dihadapan Tuhan yang lebih mengenal pribadi anda dan Tuhanlah pula yang akan mengerjakan karyaNya yang agung dalam kehidupan anda. Doa yang dijawab akan menjadi sarana untuk memberkati orang lain lewat doa anda.

Untuk menjadi pribadi yang dapat menjawab kebutuhan orang lain yaitu dengan mengijinkan Tuhan memakai hidup anda untuk menjadi jawaban bukan sebagai batu sandungan namun untuk mewujudkan karya Tuhan yang nyata pada setiap orang yang anda layani, untuk suatu maksud dan tujuan hanya nama Tuhan yang dimulikan bukan sebagai suatu kebanggaan tetapi hidup anda sebagai sarana untuk banyak orang mengenal pribadi Allah yang hidup. Situasi dan keadaan sulit yang dialami jangan itu menjadi penghalang untuk Allah mengerjakan karyaNya dalam hidup anda.  Ijinkanlah karya Tuhan terus bekerja dalam kehidupan anda.

Keburukan yang sudah ditanam dalam diri anda itu akan dipulihkan ketika anda membuka hati selebar-lebarnya untuk Tuhan mengerjakan karyaNya yang dahsyat dalam kehidupan anda, ketika anda mengijinkan hal yang baik terjadi dalam hidup anda Tuhanlah yang akan mengerjakan pekerjaanNya dan karya dalam kehidupan anda. Buka hati anda selebar-lebar untuk Tuhan berkarya. 

 

By: Linda Wijayarso

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan Barter Tuhan dengan Apapun

 Nats: Mat 19:16-24 Ada seorang datang kepada Yesus, dan berkata: "Guru, perbuatan baik apakah yang harus kuperbuat untuk memperoleh hi...