Selasa, 26 Januari 2021

Momen yang tepat

 

Nats: Pkh 3:1-11

"Untuk segala sesuatu ada masanya, untuk apapun di bawah langit ada waktuny 3:2 Ada waktu untuk lahir, ada waktu untuk meninggal, ada waktu untuk menanam, ada waktu untuk mencabut yang ditanam; 3:3 ada waktu untuk membunuh, ada waktu untuk menyembuhkan; ada waktu untuk merombak, ada waktu untuk membangun; 3:4 ada waktu untuk menangis, ada waktu untuk tertawa; ada waktu untuk meratap; ada waktu untuk menari; 3:5 ada waktu untuk membuang batu, ada waktu untuk mengumpulkan batu; ada waktu untuk memeluk, ada waktu untuk menahan diri dari memeluk; 3:6 ada waktu untuk mencari, ada waktu untuk membiarkan rugi; ada waktu untuk menyimpan, ada waktu untuk membuang; 3:7 ada waktu untuk merobek, ada waktu untuk menjahit; ada waktu untuk berdiam diri, ada waktu untuk berbicara; 3:8 ada waktu untuk mengasihi, ada waktu untuk membenci; ada waktu untuk perang, ada waktu untuk damai. 3:9 Apakah untung pekerja dari yang dikerjakannya dengan berjerih payah? 3:10 Aku telah melihat pekerjaan yang diberikan Allah kepada anak-anak manusia untuk melelahkan dirinya. 3:11 Ia membuat segala sesuatu indah pada waktunya, bahkan Ia memberikan kekekalan dalam hati mereka. Tetapi manusia tidak dapat menyelami pekerjaan yang dilakukan Allah dari awal sampai akhir.

Dalam setiap kehidupan pasti ada yang namanya momen. Momen didefinisikan sebagai saat-saat dalam kehidupan yang sangat berkesan entah itu baik untuk buruk. Biasanya momen-momen yang paling berkesan meliputi ultah tahun, hari raya tertentu, dan sebagainya.

Setiap orang percaya selalu memiliki momen dalam hidupnya entah itu baik atau buruk. Kitab pengkhotbah mengingatkan kita untuk selalu ingat bahwa setiap momen merupakan karya dari Allah. Artinya setiap momen sejatinya berharga dan harus dimaknai. Lebih lanjut, dalam setiap momen selalu ada pelajaran atau refleksi di dalamnya. Pelajaran atau refleksi ini berguna agar kehidupan seorang percaya menjadi lebih baik.

Pada akhirnya hendaklah setiap orang percaya menyadari bahwa setiap momen selalu ada maksud Tuhan di dalamnya. Dengan melakukan hal ini maka setiap orang percaya tidak akan menyia-nyiakan setiap momen dalam hidupnya.

By: Felix Justian Harnanta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ekspresi Penyembahan

Nats: Kel 40:1-3 "Berfirmanlah Tuhan kepada Musa: Pada hari yang pertama dari bulan pertama haruslah engkau mendirikan kemah suci, yakn...