Kepekaan Rohani (part 2)

Nats: Amsal 20:27

"Roh manusia adalah pelita TUHAN, yang menyelidiki seluruh lubuk hatinya."

  

   


Kepekaan rohani sejatinya tidak hanya membutuhkan sebuah konsistensi melainkan membutuhkan peran dari Roh Kudus yaitu membangunkan. Yang dimaksud membangunkan adalah mengizinkan Roh Kudus untuk membangun kerohanian dalam kehidupan kita terus menerus. Lebih lanjut, membangunkan kerohanian erat hubungannya dengan hubungan pribadi dengan Tuhan. Artinya untuk mengizinkan Roh Kudus membangun kerohanian maka hubungan pribadi kita dengan Tuhan haruslah erat. Hubungan yang erat ini diwujudkan dengan cara doa dan WPDA.

Pada hakikatnya ada beberapa manfaat saat kita mengizinkan Roh Kudus membangun kerohanian. Manfaat pertama adalah kita semakin peka akan tipu daya iblis. Artinya dengan membangun kerohanian kita semakin peka mana yang berkenan kepada Allah dan mana yang tidak. Dengan kata lain, kita menjadi mengerti dan tidak mudah terjebak ke dalam tipuan atau jerat iblis.

Manfaat terakhir menjadi pribadi yang semakin peka akan tuntunan Tuhan. Artinya kita menjadi semakin peka atas apa yang Tuhan mau dalam kehidupan kita. Apa yang diinginkan Tuhan berbicara tentang tindakan kita sehari-hari seperti keputusan yang kita ambil, penyelesaian masalah dan sebagainya.

Pada akhirnya hendaklah kita menjadi pribadi yang semakin peka akan tuntunan Tuhan. Dengan demikian, kita menjadi pribadi yang senantiasa menyenangkan Tuhan.

By: Felix Justian Harnanta

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kala Kucari Damai (Lirik & Chord)

Pribadi Yang Mengenal Hatiku (Lirik & Chord) Jacqlien Celosse

Ujilah Aku Tuhan (Lirik & Chord)