Kepekaan Rohani

Nats: Mrk 16:12-14

"16:12 Sesudah itu Ia menampakkan diri dalam rupa yang lain kepada dua orang dari mereka, ketika keduanya dalam perjalanan ke luar kota. x  16:13 Lalu kembalilah mereka dan memberitahukannya kepada teman-teman yang lain, tetapi kepada merekapun teman-teman itu tidak percaya. 16:14 Akhirnya Ia menampakkan diri kepada kesebelas orang itu ketika mereka sedang makan, dan Ia mencela ketidakpercayaan dan kedegilan hati mereka, oleh karena mereka tidak percaya kepada orang-orang yang telah melihat Dia sesudah kebangkitan-Nya   

Kepekaan rohani adalah sikap dimana kita sebagai orang percaya mengerti apa yang diinginkan Tuhan. Biasanya kepekaan rohani muncul karena hubungan yang intim dengan Tuhan. Hubungan intim tersebut diwujudkan dengan doa dan bersekutu bersama Tuhan.

Nats di atas adalah contoh dimana seseorang tidak memiliki kepekaan rohani. Para murid Yesus tidak percaya bahwa Yesus telah bangkit. Padahal mengenai hal itu Yesus sudah mengatakan pada murid-murid-Nya. Oleh karena itulah Yesus mencela kedegilan hati atau ketidakpercayaan mereka.

Sebagai orang percaya hendaklah kita memiliki kepekaan rohani. Namun demikian, kepekaan rohani ini bukanlah sesuatu yang bisa didapat secara instan melainkan membutuhkan latihan sejak dini. Latihan yang dimaksud adalah membiasakan diri untuk membangun hubungan dengan Tuhan lewat doa dan persekutuan. Pada akhirnya dengan memiliki kepekaan rohani niscaya kita sebagai orang percaya tidak akan tersesat di jalan yang salah.

By: Felix Justian Harnanta

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kala Kucari Damai (Lirik & Chord)

Ujilah Aku Tuhan (Lirik & Chord)

Pribadi Yang Mengenal Hatiku (Lirik & Chord) Jacqlien Celosse