Kolom Opini: Gereja sebagai Ekklesia

 

Dalam tulisan Paulus gereja diartikan sebagai ekklesia. Ekklesia sendiri sejatinya memiliki beberapa arti. Arti pertama adalah sebagai pertemuan orang-orang Kristen untuk berbakti. Secara spesifik ayat yang mengindikasikan bahwa Ekklesia diartikan sebagai pertemuan orang-orang Kristen adalah 1 Kor 11:18. Menurut Morris kata ekklesia dalam ayat secara literal diartikan sebagai di dalam Gereja. Greseheide menambahkan, "Kata Ekklesia dalam ayat ini menunjuk kepada suatu pertemuan kongregasi yang biasa disebut gereja. Maka dari itu dapat dikatakan bahwa kata Ekklesia pertama-tama menunjuk kepada gereja lokal.

Ekkelsia juga dapat diartikan sebagai keseluruhan orang percaya. Paulus memakai mengartikan kata ekklesia sebagai keseluruhan orang percaya dalam suratnya kepada jemaat di Efesus. Salah satu pemakaiannya terlihat dalam Ef 1:22. Menurut Stott ayat ini mengindikasikan Gereja sebagai tubuh sedangkan Kristus adalah kepalanya Simpson menambahkan, “Sebagai kepala maka Kristus adalah pemilik Gereja.” Pemilik Gereja yang dimaksud berhubungan dengan keuniversalan pemerintahan Kristus dalam Gereja.Dengan demikian, tidak mungkin ekklesia dalam ayat ini diartikan sebagai suatu kumpulan tertentu.  Ini dikarenakan terdapat aspek universal dari kepemimpinan Kristus di dalamnya.

Dari uraian di atas sangat jelas bahwa gereja merupakan keseluruhan komunitas orang percaya. Keseluruhan komunitas ini pada akhirnya membentuk gereja lokal, persekutuan lokal dan sebagainya.

 
Sumber:

Groseheide, F.W.  The First Epistle to the Corinthians: The New International Commentary on The New Testament, (Michigan: Eerdmans Publishing, 1980.

 

Ladd, George Eldon.  Teologi Perjanjian Baru I.  Diterjemahkan oleh Urbanus Selan& Henry Lantang.  Bandung: Yayasan Kalam Hidup, 2017.

 

Ridderbos, Herman.  Paulus: Pemikiran Utama dan Teologinya.  Diterjemahkan oleh Henry Ongkowidjojo.  Surabaya: Penerbit Momentum, 2008.

 

Simpson, E.K et al.  The Epistle to the Ephesians and Colossians (The New International Commentary on the New Testament).  Michigan: Eerdmans Publishing, 1982.

 

Stott, John R.W.  The Message of Ephesians: God’s New Society.  Leicester: Intervasity Press, 1979.

 

Gromacki, Gary.  Paul’s Ecclesiology of Ephesians.  Journal of Ministry and Theology, 2015.

 

 

 

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kala Kucari Damai (Lirik & Chord)

Pribadi Yang Mengenal Hatiku (Lirik & Chord) Jacqlien Celosse

Ujilah Aku Tuhan (Lirik & Chord)