Kembali ke Asal

Nats: Yos 24: 14-21

" Oleh sebab itu, takutlah akan TUHAN j  dan beribadahlah kepada-Nya dengan tulus ikhlas dan setia. Jauhkanlah allah yang kepadanya nenek moyangmu telah beribadah di seberang sungai Efrat dan di Mesir, dan beribadahlah kepada TUHAN. 24:15 Tetapi jika kamu anggap tidak baik untuk beribadah kepada TUHAN, pilihlah pada hari ini kepada siapa kamu akan beribadah; allah yang kepadanya nenek moyangmu beribadah di seberang sungai Efrat, atau allah orang Amori  yang negerinya kamu diami ini. Tetapi aku dan seisi rumahku, kami akan beribadah kepada TUHAN ! " 24:16 Lalu bangsa itu menjawab: "Jauhlah dari pada kami meninggalkan TUHAN untuk beribadah kepada allah lain! 24:17 Sebab TUHAN, Allah kita, Dialah yang telah menuntun kita dan nenek moyang kita dari tanah Mesir, dari rumah perbudakan, r  dan yang telah melakukan tanda-tanda  mujizat yang besar ini di depan mata kita sendiri, dan yang telah melindungi kita sepanjang jalan yang kita tempuh, dan di antara semua bangsa yang kita lalui, 24:18 TUHAN menghalau t  semua bangsa  dan orang Amori, penduduk negeri ini, dari depan kita. Kamipun akan beribadah kepada TUHAN, sebab Dialah Allah  kita." 24:19 Tetapi Yosua berkata kepada bangsa itu: "Tidaklah kamu sanggup beribadah kepada TUHAN, sebab Dialah Allah yang kudus, Dialah Allah y  yang cemburu. Ia tidak akan mengampuni kesalahan dan dosamu. 24:20 Apabila kamu meninggalkan TUHAN dan beribadah kepada allah asing, maka Ia akan berbalik dari padamu dan melakukan yang tidak baik  kepada kamu serta membinasakan kamu, setelah Ia melakukan yang baik kepada kamu dahulu." 24:21 Tetapi bangsa itu berkata kepada Yosua: "Tidak, hanya kepada TUHAN saja kami akan beribadah.  

Dewasa ini banyak orang percaya mulai meninggalkan Tuhan. Alasan mereka ada bermacam-macam seperti kecewa, mulai ragu dengan Tuhan, dan sebagainya. Pada akhirnya banyak orang percaya yang tidak lagi menyembah kepada Tuhan.

Pada teks di atas dapat dilihat bahwa Yosua memberikan penawaran kepada umat Israel untuk menyembah kepada Allah atau Baal. Tawaran tersebut berakhir dengan komitmen bahwa seluruh umat Israel akan menyembah kepada Allah. Dengan kata lain, Bangsa Israel memutuskan untuk percaya kepada Allah daripada kepada Baal.

Nats di atas mengajarkan kita bahwa di dalam kondisi apapun hendaklah Tuhan selalu menjadi yang utama. Artinya saat kita mengalami masalah mari mengingat bahwa Tuhan adalah satu-satunya penolong. Lebih lagi, janganlah kita melupakan Tuhan melainkan teruslah menyembah Dia dalam roh dan kebenaran.

By: Felix Justian Harnanta
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kala Kucari Damai (Lirik & Chord)

Pribadi Yang Mengenal Hatiku (Lirik & Chord) Jacqlien Celosse

Ujilah Aku Tuhan (Lirik & Chord)