Artikel Rohani: Teologi 2 Petrus ( Keutamaan Kitab Suci )

 

            Pada hakikatnya surat 2 Petrus ditulis demi melawan ajaran gnostik. Acapkali doktrin ini juga berpengaruh terhadap interpretasi kitab suci.  Ladd menjelaskan bahwa 2 Petrus 1:20-21 merupakan sanggahan kepada kaun gnostik yang menyatakan bahwa mereka memiliki berita yang baru sebagai pelengkap injil yang sudah ada.[1]  Dengan demikian,dapat dikatakan bahwa kaum gnostik menekankan wahyu pribadi dalam menafsirkan Kitab Suci.

            Mengenai esensi dari 2 Ptr 1:20-21 Zuck mengatakan, “Dalam konteksnya ayat-ayat ini menekankan bahwa Kitab Suci bukan sekadar produk manusia tetapi berasal dari Allah.”[2]  Sependapat dengan Zuck, Hillyer mengatakan, “Penafsiran Kitab Suci tidak pernah datang karena ide manusia melainkan melalui inspirasi dari Roh Kudus.[3]  Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa penafsiran kitab Suci tidak bisa berdasarkan wahyu pribadi.  Ini dikarenakan penafsiran Kitab Suci tidak berisi pesan manusia melainkan Allah.[4]

 

Daftar Pustaka

Ladd, George Eldon.  Teologi Perjanjian Baru 2.  Diterjemahkan oleh Urbanus Selan dan Henry Lantang.  Bandung: Yayasan Kalam Hidup, 2017.

 

Zuck, Roy B.  A Biblical Theology of The New Testament.  Diterjemahkan oleh Paulus Adiwidjaja.  Malang: Penerbit Gandum Mas, 2011.

 

Hillyer, Norman.  1 and 2 Peter , Jude: New International Biblical Commentary.  USA: Hendrickson Publisher, 1992.

 


[1] George Eldon Ladd, Teologi Perjanjian Baru 2, diterjemahkan oleh Urbanus Selan dan Henry Lantang, (Bandung: Yayasan Kalam Hidup, 2017), 421.

 

[2] Roy B Zuck, A Biblical Theology of The New Testament, diterjemahkan oleh Paulus Adiwidjaja, (Malang: Penerbit Gandum Mas, 2011), 532.

 

[3] Norman Hillyer, 1 and 2 Peter , Jude: New International Biblical Commentary, (USA: Hendrickson Publisher, 1992), 180.

 

[4] Zuck, A Biblical Theology of The New Testament, diterjemahkan oleh Paulus Adiwidjaja, 532.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kala Kucari Damai (Lirik & Chord)

Ujilah Aku Tuhan (Lirik & Chord)

Pribadi Yang Mengenal Hatiku (Lirik & Chord) Jacqlien Celosse