Arti Sebuah Doa

Nats: Mat 6:5-8

"Dan apabila kamu berdoa, janganlah berdoa seperti orang munafik. Mereka suka mengucapkan doanya dengan berdiri i  dalam rumah-rumah ibadat dan pada tikungan-tikungan jalan raya, supaya mereka dilihat orang. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya mereka sudah mendapat upahnya. 6:6 Tetapi jika engkau berdoa, masuklah ke dalam kamarmu, tutuplah pintu dan berdoalah kepada Bapamu j  yang ada di tempat tersembunyi 1 . Maka Bapamu yang melihat yang tersembunyi akan membalasnya kepadamu. 6:7 Lagipula dalam doamu itu janganlah kamu bertele-tele k  seperti kebiasaan orang yang tidak mengenal Allah. Mereka menyangka bahwa karena banyaknya kata-kata l  doanya akan dikabulkan. 6:8 Jadi janganlah kamu seperti mereka, karena Bapamu mengetahui apa yang kamu perlukan, m  sebelum kamu minta kepada-Nya.

Doa adalah bagian yang sangat fundamental dalam kehidupan orang percaya. Yang dimaksud fundamental adalah bagian mendasar yang tak dapat digantikan oleh apapun. Ini terjadi karena doa acapkali dihubungkan dengan kehidupan iman seorang Kristen. Seorang Kristen yang terus bertumbuh dengan iman dipastikan memiliki disiplin doa yang kuat.

Nats di atas mengajarkan kita mengenai arti dari sebuah doa. Pertama, doa berbicara tentang kejujuran di hadapan Tuhan. Di dalam doa sebagai orang percaya haruslah kita jujur di hadapan-Nya. Jujur berarti kita apa adanya menceritakan pergumulan yang dialami kepada Tuhan.

Kedua, doa berbicara tentang kerendahan hati di hadapan-Nya. Yang dimaksud rendah hati dalam doa adalah kita tidak menyombongkan diri di hadapan Tuhan tentang pencapaian, kesuksesan, dan sebagainya melainkan terus berharap kepada-Nya. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa doa kita sesuai dengan apa yang Yesus katakan dalam Alkitab.

Pada akhirnya, sebagai orang percaya marilah kita menyadari bahwa doa sangatlah berarti dalam kehidupan. Tanpa doa kehidupan kekristenan kita hanya akan mengalami stagnansi. Maka dari itu dibutuhkan doa agar kehidupan kekristenan kita terus maju.

By: Felix Justian Harnanta

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kala Kucari Damai (Lirik & Chord)

Pribadi Yang Mengenal Hatiku (Lirik & Chord) Jacqlien Celosse

Ujilah Aku Tuhan (Lirik & Chord)