Rabu, 17 Mei 2017

2 RAJA-RAJA 24:8 VS 2 TAWARIKH 36:9. Dalam 2 Raja-raja, lamanya raja Yoyakhin berkuasa TERTULIS: "3 bulan", TETAPI dalam 2 Tawarikh: "3 bulan 10 hari".

JAWAB : (Kategori: salah memahami isi cerita atau maksud penulis)
"Yoyakhin berumur delapan belas tahun pada waktu ia menjadi raja dan tiga bulan lamanya ia memerintah di Yerusalem. Nama ibunya ialah Nehusta binti Elnatan, dari Yerusalem."
Naskah Ibrani Teks Masoretik: BEN-SYEMONEH ESREH SYANAH YEHOYAKHIN BEMOLKHO USYELOSYAH
KHODASYIM MALAKH BIRUSYALAIM VESYEM 'IMO NEKHUSYTA' VAT-'ELNATAN MIRUSYALAIM
"Yoyakhin berumur delapan belas tahun pada waktu ia menjadi raja dan tiga bulan sepuluh hari lamanya ia memerintah di Yerusalem. Ia melakukan apa yang jahat di mata TUHAN."
Naskah Ibrani Teks Masoretik: BEN-SYEMONEH SYANIM YEHOYAKHIN BEMOLKHO USYELOSYAH KHODASYIM VA'ASERET YAMIM MALAKH BIRUSYALAIM VAYA'AS HARA' BE'EYNEY YEHOVAH
Penulis Tawarikh menuliskan lamanya masa pemerintahan Yoyakhin secara lebih spesifik, sedangkan penulis kitab Raja-raja hanya menyebutkan secara garis besar dan membulatkan jumlah bulannya saja, dengan anggapan bahwa tambahan sepuluh hari tidak cukup perlu untuk disebutkan secara khusus.
Jadi, jelas bahwa tiga bulan dalam kitab Raja-raja adalah pembulatan atau penulisan secara genap dari tiga bulan sepuluh hari sebagaimana ditulis dalam Kitab Tawarikh. Dapat diilustrasikan dengan wanita hamil selama sembilan bulan, ada yang menambahkannya menjadi sembilan bulan sepuluh hari. Pembulatan ini sering dijumpai dalam kitab Raja-raja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan Tunda

Nats: Luk 7:36-38, 47. "Seorang Farisi mengundang Yesus untuk datang makan di rumahnya. Yesus datang ke rumah orang Farisi itu, lalu d...