Rabu, 31 Mei 2017

2 SAMUEL 8:8 VS 1 TAWARIKH 18:8. Dalam 2 Samuel, tempat dimana raja Daud memindahkan perunggu TERTULIS: "Betah dan Berotai", TETAPI dalam 1 Tawarikh: "Tibhat dan Kun".

JAWAB : (Kategori: salah memahami konteks historis) 2 SAMUEL 8:8

Dan dari Betah dan dari Berotai, yaitu kota-kotanya Hadadezer, raja Daud mengangkut amat banyak tembaga
1 TAWARIKH 18:8
Dan dari Tibhat dan dari Kun, yaitu kota-kotanya Hadadezer, Daud mengangkut amat banyak tembaga; dari padanya Salomo membuat "laut" tembaga, tiang-tiang dan perlengkapan tembaga
1 Tawarikh 18 dan 19 mirip dengan 2 Samuel 8:1-10:19, 20:1­26 dengan sedikit variasi -- bukan kontradiksi --, variasi ini dapat diselidiki dari catatan-catatan yang dibuat oleh penulis kitab untuk mengetahui hal yang sebenarnya.
Kedua nama kota itu sama, Betah dan Berotai adalah Tibhat dan Kun. Tarikh atau masa penulisan kitab Samuel ( + abad 10-12 SM) dan Tawarikh ( + 5 SM) cukup berbeda jauh, hal ini memungkinkan perubahan nama kota. Kasus ini mirip seperti di Indonesia, Sunda Kelapa berubah menjadi Jakarta/Jayakarta, kemudian berubah menjadi Batavia/Betawi, akhirnya kembali menjadi Jakarta. Demikian pula kota Ujungpandang yang dulunya bernama Makassar dan kemudian kembali menjadi Makassar.
Jadi, kedua nama kota itu sama, Betah dan Berotai adalah Tibhat dan Kun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mengawasi Hidup dengan Iman yang Teguh

Nats: 1 Ptr 5:8-9 Lawanmu, si Iblis , berjalan keliling sama seperti singa yang mengaum-aum dan mencari orang yang dapat ditelannya. 5:9 Law...