Rabu, 31 Mei 2017

Kepala Triwira Daud membunuh berapa orang ? a. 800 orang (II Samuel 23:8 ) b. 300 orang (I Tawarikh 11:11).

JAWAB: (Kategori: salah memahami konteks sejarah atau maksud penulis) 2 Samuel 23:8,
"Inilah nama para pahlawan yang mengiringi Daud: Isybaal, orang Hakhmoni, kepala triwira; ia mengayunkan tombaknya melawan delapan ratus orang (Ibrani: 'AL-SYEMONEH ME'OT) yang tertikam mati dalam satu pertempuran."
1 Tawarikh 11:11,
"Inilah daftar para pahlawan yang mengiringi Daud: Yasobam bin Hakhmoni, kepala triwira; ia mengayunkan tombaknya melawan tiga ratus orang (Ibrani: 'AL-SYELOSY-ME'OT) yang tertikam mati dalam satu pertempuran."
"Tiga" menurut bahasa Ibrani adalah SYALOSY (SYIN- LAMED-SYIN) dan delapan adalah SYEMONEH (SYIN-MEM-NUN- HE) sama-sama dimulai oleh huruf "SYIN".
Ada yang mempelajari ayat ini dari makna kata triwira (Ibrani, HASYELOSYIM atau, HASYALISYI). Di masa pemerintahan raja Daud senantiasa ada tiga orang perwira yang mengepalai 30 orang tentara, Adino (LAI menulis Isybaal), Eleazar, dan Sama, silakan pelajari 2 Samuel 23:8-12. Jika ditelusuri lebih lanjut ada kemungkinan pembantaian pertama terdiri atas 300 orang, disusul pembantaian kedua sehingga total berjumlah 800 orang, atau ada dua pertempuran, pertama 800 orang dan kedua 300 orang namun tidak tercatat dalam Kitab Samuel dan Raja- raja sehingga dilengkapi oleh kitab Tawarikh.
Sumber lain memberi penjelasan sebagai berikut: It is quite possible that both authors may have described two different incidents, though by the same man, or one author may have only mentioned in part what the other author mentions in full. (Light of Life II 1992:187)
Terjemahannya: Sangat mungkin bahwa, kedua penulis telah menceritakan dua kejadian yang berbeda meski dengan tokoh yang sama. Atau bisa jadi, penulis yang satu hanya menyebutkan sebagian dari jumlah yang ada sedangkan penulis yang lain menyebutkan jumlah secara keseluruhan.
Jadi, ada 2 alternatif solusi yaitu kedua penulis telah menceritakan dua kejadian yang berbeda (ada dua peristiswa/kejadian) meski dengan tokoh yang sama. Atau bisa jadi, penulis yang satu hanya menyebutkan sebagian dari jumlah yang ada sedangkan penulis yang lain menyebutkan jumlah secara keseluruhan dengan kemungkinan pembantaian pertama terdiri atas 300 orang, disusul pembantaian kedua sehingga total berjumlah 800 orang, atau ada dua pertempuran, pertama 800 orang dan kedua 300 orang namun tidak tercatat dalam Kitab Samuel dan Raja-raja sehingga dilengkapi oleh kitab Tawarikh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terbatas itu Berguna

  Nats: Mzm 90:10" Masa hidup kami tujuh puluh tahun dan jika kami kuat, delapan puluh tahun, dan kebanggaannya adalah kesukaran dan ...