Selasa, 06 Juni 2017

1 SAMUEL 28:6 VS 1 TAWARIKH 10:13-14. Dalam 1 Samuel TERTULIS, "Saul meminta petunjuk kepada Tuhan", TETAPI dalam 1 Tawarikh, "Saul TIDAK meminta petunjuk kepada Tuhan".

JAWAB : (Kategori: salah memahami isi cerita atau maksud penulis)
1 Samuel 28:6 hendaklah dibaca ke ayat selanjutnya sampai habis dalam 1 perikop yang diberi judul SAUL di EN-DOR. Bahwa kemudian Saul pergi ke Dukun (pemanggil arwah) untuk berhubungan dengan roh jahat yang seperti Samuel (namun bukan Samuel).
28:6 Dan Saul bertanya kepada TUHAN, tetapi TUHAN tidak menjawab dia, baik dengan mimpi, baik dengan Urim, baik dengan perantaraan para nabi.
28:7 Lalu berkatalah Saul kepada para pegawainya: "Carilah bagiku seorang perempuan yang sanggup memanggil arwah; maka aku hendak pergi kepadanya dan meminta petunjuk kepadanya." Para pegawainya menjawab dia: "Di En-Dor ada seorang perempuan yang sanggup memanggil arwah."
28:15 Sesudah itu berbicaralah Samuel kepada Saul: "Mengapa engkau mengganggu aku dengan memanggil aku muncul?" Kata Saul: "Aku sangat dalam keadaan terjepit: orang Filistin berperang melawan aku, dan Allah telah undur dari padaku. Ia tidak menjawab aku lagi, baik dengan perantaraan nabi maupun dengan mimpi. Sebab itu aku memanggil engkau, supaya engkau memberitahukan kepadaku, apa yang harus kuperbuat."
Di sini jelas bahwa Saul telah melakukan "perzinahan rohani" dan dia untuk pertama kalinya meminta petunjuk arwah dan mempercayai arwah daripada Tuhan (sejak itu Saul tidak bertanya lagi kepada
Tuhan dan Roh Tuhan telah undur daripadanya dan Tuhan memberikan jabatan raja kepada orang lain yaitu Daud).
1   Tawarikh 10:13-14 Adalah kisah tragis tentang akhir hidup Raja Saul :
10:13 Demikianlah Saul mati karena perbuatannya yang tidak setia terhadap TUHAN, oleh karena ia tidak berpegang pada firman TUHAN, dan juga karena ia telah meminta petunjuk dari arwah, 10:14 dan tidak meminta petunjuk TUHAN. Sebab itu TUHAN membunuh dia dan menyerahkan jabatan raja itu kepada Daud bin Isai
Jadi tidak ada kontradiksi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mengawasi Hidup dengan Iman yang Teguh

Nats: 1 Ptr 5:8-9 Lawanmu, si Iblis , berjalan keliling sama seperti singa yang mengaum-aum dan mencari orang yang dapat ditelannya. 5:9 Law...