Kamis, 22 Juni 2017

Berapa cucu Benyamin (anak-anak Bela)? a. 5 orang (I Tawarikh 7:7). b. 9 orang (I Tawarikh 8:3-5). c. 2 orang (Bilangan 26:40). Buka dan bacalah ayat yang dimaksud. Terlihat jelas bahwa semua nama dan jumlah cucu Benyamin tidak ada yang sama.

JAWAB : (Kategori: salah memahami konteks sejarah atau maksud penulis)
"Dan anak-anak Bela ialah Ared dan Naaman; dari Ared kaum orang Ared dan dari Naaman kaum orang Naaman." (Bilangan 26:40) Bahasa Ibraninya: VAYIHYU VENEY-VELA' 'ARD VENA'AMAN MISYPAKHAT HA'ARDI LENA'AMAN MISYPAKHAT HANA'AMI
Telah ditanggapi sebelumnya bahwa kata neb (dibaca ben) dalam bahasa Ibrani dapat berarti anak dan dapat pula bermakna cucu dan keturunan. Lihat ayat-ayat sebelumnya dan kita akan menemukan nama-nama yang sama antara Bilangan 26:38-41 dengan 1 Tawarikh 8:1-40 seperti Sefufam dan Huram.
"Anak-anak Bela ialah Ezbon, Uzi, Uziel, Yerimot dan Iri, lima orang, kepala-kepala puak, pahlawan-pahlawan yang gagah perkasa; mereka yang terdaftar dalam silsilah ada dua puluh dua ribu tiga puluh empat orang." (1 Tawarikh 7:7)
Bahasa Ibraninya: UVENEY VELA' 'ETSBON VE'UZI VE'UZI'EL VIRIMOT VE'IRI KHAMISYAH RA'SYEY BEYT 'AVOT GIBOREY KHAYALIM VEHITYAKHSAM 'ESRIM USYENAYIM 'ELEF USYELOSYIM VE'ARBA'AH

Berdasarkan penyelidikan 1 Tawarikh 7:7 adalah cucu atau cicit atau keturunan dari anak-anak Bela yang menjadi kepala-kepala puak.
"Anak-anak Bela ialah Adar, Gera, Abihud, Abisua, Naaman, Ahoah, Gera, Sefufan dan Huram." (1 Tawarikh 8:3-5) VAYIHYU VANIM LEVALA' 'ADAR VEGERA' VA'AVIHUD VA'AVISYUA' VENA'AMAN VA'AKHOAKH VEGERA' USYEFUFAN VEKHURAM
Rincian yang amat lengkap tentang Benyamin dibandingkan kebanyakan suku-suku lainnya bukanlah adanya pemberitahuan yang lebih banyak melainkan kesetiaan Benyamin kepada garis keturunan Daud. Daftar yang sejajar dalam 1 Tawarikh 7:6-12 dipandang sebagai silsilah yang rusak dari Zebulon dan Dan. Daftar dalam 1 Tawarikh 7 itu tidak dapat dipadu dengan 1 Tawarikh 8:1-40.
Berikut ini adalah nama-nama keturunan Bela:
1.    'ARD (LAI, Ared), putra sulung Bela, sama dengan 'ADDAR dalam 1 Tawarikh 8:3 karena huruf matinya sama tetapi terbalik, apalagi karena aksara 'ROSY' dan 'DALET' hampir tidak dapat dibedakan kecuali jika ditulis lebih besar.
2.     NA'AMAN, juga ditulis dalam Kejadian 46:21 sebagai garis keturunan Benyamin.
3.   GERA', terjadi pengulangan penulisan dua kali antara 1 Tawarikh 8:3 dan 8:5
4.   'ABIHUD atau Ehud (Hakim-hakim 3:15)
5.  ABISYUA, LAI Abisua
6.   'AKHOAKH, LAI Ahoah
7.   SYEFUFAM, LAI Sefufan, bandingkan dengan Bilangan 26:39
8.  KHURAM, LAI Huram, bandingkan dengan Bilangan 26:39
50)  BILANGAN 23:19 VS 1 SAMUEL 15:35; KELUARAN 32:14. Dalam Bilangan TERTULIS, "Tuhan tidak pernah menyesal karena Ia bukan anak manusia", TETAPI dalam 1 Samuel, "Tuhan menyesal karena Ia menjadikan Saul raja Israel", dan dalam Keluaran, "Tuhan juga menyesal karena malapetaka yang dirancangnya atas umat Israel".
JAWAB: (Kategori : Salah memahami cara Allah bekerja dalam sejarah dan salah memahami penggunaan bahasa Ibrani) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Lemah bukan Berarti Kalah

 Nats: 1 Sam 17:12-39 12 Daud adalah anak seorang dari Efrata, dari Betlehem-Yehuda, yang bernama Isai. Isai mempunyai delapan anak laki-lak...