Selasa, 06 Juni 2017

Berapakah angkatan perang Daud dari orang Israel? a. 800.000 (II Samuel 24:9). b. 1.100.000 orang (I Tawarikh 21:5).

JAWAB : (Kategori : Salah memahami konteks sejarah, atau salah memahami maksud penulis) 2 Samuel 24:9,
"Lalu Yoab memberitahukan kepada raja hasil pendaftaran rakyat. Orang Israel ada delapan ratus ribu orang perangnya (Bahasa Ibraninya: SYEMONEH ME'OT 'ELEF 'ISY-KHAYIL) yang dapat memegang pedang; dan orang Yehuda ada lima ratus ribu."
"Lalu Yoab memberitahukan kepada Daud hasil pendaftaran rakyat. Di antara seluruh orang Israel ada sejuta seratus ribu orang (Bahasa Ibraninya: 'ELEF 'ALAFIM UME'AH 'ELEF 'ISY SYOLEF KHEREV) yang dapat memegang pedang, dan orang Yehuda ada empat ratus tujuh puluh ribu orang yang dapat memegang pedang."
Ada sejumlah cara untuk memahami bukan saja pertanyaan ini, tetapi juga pertanyaan lainnya, karena keduanya sama-sama menunjuk kepada perikop yang sama dan pada sensus penduduk yang sama.
Perbedaan mungkin saja terjadi pada kedua penghitungan di atas karena sifat sensus yang tidak dilakukan secara lengkap dan resmi (hal ini akan dibahas kemudian), atau karena kitab Samuel hanya menuliskan perkiraan jumlah penduduk yang dibulatkan untuk kaum Yehuda.
Jawaban yang lebih mendasar adalah sebagai berikut : Kedua Sensus tersebut tidak menghitung sasaran yang sama. Angka sensus yang ditulis pada 1 Tawarikh 21:5 adalah jumlah semua pria yang dapat diikutsertakan untuk berperang, sedangkan angka sensus dalam 2 Samuel 24:9 mencakup jumlah orang-orang pria yang siap berperang. Karena laporan Yoab dalam 2 Samuel 24 dalam bahasa asli Ibrani menulis "'ISY-KHAYIL" yang artinya adalah "orang-orang perkasa" atau tentara yang siap perang, dan itu menunjuk kepada 800.000 tentara. Sedangkan sisa 300.000 orang, menunjuk kepada laki-laki yang dapat dicadangkan dalam kancah peperangan.

Dengan demikian, jumlah kedua kelompok disini adalah 1.100.000 orang seperti dalam 1 Tawarikh 21, yang memang tidak menyebutkan istilah "'ISY-KHAYIL"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mengawasi Hidup dengan Iman yang Teguh

Nats: 1 Ptr 5:8-9 Lawanmu, si Iblis , berjalan keliling sama seperti singa yang mengaum-aum dan mencari orang yang dapat ditelannya. 5:9 Law...