Selasa, 06 Juni 2017

Di Yerusalem, Daud mengambil beberapa gundik atau tidak? a. Ya! Daud mengambil beberapa gundik dan istri (II Samuel 5:13¬16). b. Tidak ! Daud hanya mengambil beberapa isteri saja (I Tawarikh 14:3-7).

JAWAB : (Kategori: salah memahami konteks sejarah atau maksud penulis)
"Daud mengambil lagi beberapa gundik dan isteri (Bahasa Ibraninya: PILAGSYIM VENASYIM) dari Yerusalem, setelah ia datang dari Hebron dan bagi Daud masih lahir lagi anak-anak lelaki dan perempuan."
"Daud mengambil lagi beberapa isteri (Bahasa Ibraninya: NASYIM) di Yerusalem, dan ia memperanakkan lagi anak-anak lelaki dan perempuan."
Yang mengutip pertentangan ayat ini sebenarnya tidak memahami makna gundik dan istri di kalangan orang Israel. Beberapa gundik dan istri sama saja dengan beberapa istri. Ada kalanya gundik dibedakan dengan istri namun adakalanya pula maknanya sama karena bahasa Ibrani termasuk bahasa yang miskin, satu kata bisa bermakna ganda bahkan terkadang lebih dari dua. Dalam tradisi Yahudi, gundik adalah istri tidak resmi.
Sekedar contoh: Kejadian 30:4,
"Maka diberikannyalah Bilha, budaknya itu, kepada Yakub menjadi isterinya dan Yakub menghampiri budak itu."
VATITEN-LO 'ET-BILHAH SYIFKHATAH LE'ISYAH VAYAVO' 'ELEYHA YA'AQOV (Bahasa Ibraninya)
Ayat di atas menyatakan bahwa Bilha, budak perempuan Rahel itu, diberikan kepada Yakub sebagai 'ISYAH, ISTRI karena Rahel belum melahirkan anak dan tujuannya adalah agar perkawinan mereka menghasilkan ahli waris. Bandingkan dengan ayat ini: Kejadian 35:22,
"Ketika Israel diam di negeri ini, terjadilah bahwa Ruben sampai tidur dengan Bilha, gundik ayahnya (Bahasa Ibraninya: 'ET-BILHAH PILEGESY 'AVIV), dan kedengaranlah hal itu kepada Israel. Adapun anak-anak lelaki Yakub dua belas orang jumlahnya."
Ternyata, di samping sebagai 'ISYAH, ISTRI, Bilha pun disebut PILEGESY, GUNDIK Yakub.

Jadi keduanya benar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Lemah bukan Berarti Kalah

 Nats: 1 Sam 17:12-39 12 Daud adalah anak seorang dari Efrata, dari Betlehem-Yehuda, yang bernama Isai. Isai mempunyai delapan anak laki-lak...