Selasa, 06 Juni 2017

MAZMUR 30:6 VS BILANGAN 32:13. Dalam Mazmur TERTULIS, "sebab sesaat saja Tuhan murka", TETAPI dalam Bilangan, "Tuhan murka selama 40 tahun lamanya kepada orang Israel".

JAWAB : (Kategori: salah memahami konteks ayat) MAZMUR 30:6,
Sebab sesaat saja Ia murka, tetapi seumur hidup Ia murah hati; sepanjang malam ada tangisan, menjelang pagi terdengar sorak-sorai. BILANGAN 32:13,
Sebab itu bangkitlah murka TUHAN kepada orang Israel, sehingga Ia membuat mereka mengembara di padang gurun empat puluh tahun lamanya, sampai habis mati segenap angkatan yang telah berbuat jahat di mata TUHAN.
Kita sebagai manusia tentu tidak dapat mengukur Waktu Tuhan adalah setara dengan Waktu Manusia. Jangka waktu 40 tahun itu lama, tentunya! tapi bisa juga diartikan sesaat, Apalagi dalam jangka waktu 40 tahun itu bani Israel sedang dimurnikan!
Sebab ada ungkapan : "............... dihadapan Tuhan satu hari
sama seperti seribu tahun dan seribu tahun sama seperti satu hari" (Mazmur 90:4); "Akan tetapi, saudara-saudaraku yang kekasih, yang satu ini tidak boleh kamu lupakan, yaitu, bahwa di hadapan Tuhan satu hari sama seperti seribu tahun dan seribu tahun sama seperti satu hari" (2 Petrus 3:8 ).
"Ungkapan Murka Tuhan hanya sesaat" yang ditulis Raja Daud adalah menggambarkan "Murka Tuhan yang tidak kekal" artinya TUHAN masih mau memberikan waktu dan kesempatan bagi manusia untuk bertobat. Manusia kembali ke jalan Tuhan dan saat itulah Tuhan tidak murka lagi.
Jangka waktu pembuangan Bani Israel ke padang gurun adalah 40 tahun lamanya. Tapi ingatlah pada masa-masa itu Bani Israel sedang diajar dan dari sanalah muncul seorang Pemimpin dan Nabi Besar dengan kelahiran bermacam-macam hukum dan kitab yang dikenal dengan Taurat.

Jadi bisa dimengerti bahwa Murka Tuhan muncul/bangkit hanya sesaat atau saat itu, namun sesungguhnya yang lama itu (yaitu 40 tahun) adalah dampak / masa hukuman dari Tuhan yang murka. Jadi tidak ada kontradiksi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Lemah bukan Berarti Kalah

 Nats: 1 Sam 17:12-39 12 Daud adalah anak seorang dari Efrata, dari Betlehem-Yehuda, yang bernama Isai. Isai mempunyai delapan anak laki-lak...