Selasa, 06 Juni 2017

Siapakah anak Daud yang kedua? a. Kileab (II Samuel 3:2-3). b. Daniel (I Tawarikh 3:1).

JAWAB: (Kategori: salah memahami isi cerita atau maksud penulis)
"Di Hebron lahirlah bagi Daud anak-anak lelaki. Anak sulungnya ialah Amnon, dari Ahinoam, perempuan Yizreel; anaknya yang kedua ialah Kileab (Bahasa Ibraninya: KHIL'AV), dari Abigail, bekas isteri Nabal, orang Karmel; yang ketiga ialah Absalom, anak dari Maakha, anak perempuan Talmai raja Gesur;" (2 Samuel 3:2-3)
"Inilah anak-anak Daud yang lahir bagi dia di Hebron; anak sulung ialah Amnon, dari Ahinoam, perempuan Yizreel; anak yang kedua ialah Daniel (Bahasa Ibraninya: DANIE'L), dari Abigail, perempuan Karmel;" (1 Tawarikh 3:1)
Orang Israel biasa memiliki dua nama. Nama yang pertama sebenarnya adalah Daniel dari kata Ibrani "DAN", hakim dan 'EL, Allah, Allah adalah hakimku. Inilah nama yang diberikan oleh Daud dengan alasan seperti dalam ayat berikut ini: 1 Samuel 25:39,
"Ketika didengar Daud, bahwa Nabal telah mati, berkatalah ia: 'Terpujilah TUHAN, yang membela aku dalam perkara penghinaan Nabal terhadap aku dan yang mencegah hamba-Nya dari pada berbuat jahat. TUHAN telah membalikkan kejahatan Nabal ke atas kepalanya sendiri.' Kemudian Daud menyuruh orang untuk berbicara dengan Abigail tentang mengambil dia menjadi isterinya."
Entah mengapa belakangan Daniel dipanggil Kileab, tidak mudah untuk dijelaskan namun orang Yahudi punya kisah khusus tentang hal ini. Kileab, Ibrani KIL'AB dari kata KALA (menutup, tinggal, memelihara) dan ba-'AV, ayah. Kileab berarti seperti ayahnya. Berarti Kileab seperti Daud, ayahnya.
Bahwa orang-orang Israel memiliki nama alias bukanlah barang baru. Yakub disebut Israel, abangnya Esau juga dikenal sebagai Edom, Benyamin dipanggil juga Ben-Oni, Naomi mertua Rut menamakan dirinya juga sebagai Mara. Di Indonesia pun kita kenal nama-nama ganda seperti ini misalnya Tommy alias Hutomo Mandala Putra.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mengawasi Hidup dengan Iman yang Teguh

Nats: 1 Ptr 5:8-9 Lawanmu, si Iblis , berjalan keliling sama seperti singa yang mengaum-aum dan mencari orang yang dapat ditelannya. 5:9 Law...