Selasa, 06 Juni 2017

Yang diharamkan, babi ataukah babi hutan ? a. Babi hutan (Ulangan 14:8; Imamat 11:7). b. Babi (Yesaya 66:17).

JAWAB : (Salah memahami kata dalam bahasa asli)

Lihat penjelasan tentang kelinci dan kelinci hutan sebelumnya.
"Demikian juga babi hutan (Bahasa Ibraninya: VE'ET-HAKHAZIR),
karena memang berkuku belah, yaitu kukunya bersela panjang, tetapi tidak memamah biak; haram itu bagimu." (Imamat 11:7)
"Juga babi hutan (Bahasa Ibraninya: VE'ET-HAKHAZIR), karena memang berkuku belah, tetapi tidak memamah biak; haram itu bagimu. Daging binatang-binatang itu janganlah kamu makan dan janganlah kamu terkena bangkainya." (Ulangan 14:8)
"Mereka yang menguduskan dan mentahirkan dirinya untuk taman- taman dewa, dengan mengikuti seseorang yang ada di tengah- tengahnya, yang memakan daging babi (Bahasa Ibraninya: HAKHAZIR) dan binatang-binatang jijik serta tikus, mereka semuanya akan lenyap sekaligus, demikianlah firman TUHAN." (Yesaya 66:17)
Ketiga ayat di atas menulis, KHAZIR, yang dapat bermakna babi maupun babi hutan, ditinjau dari bahasa Indonesia, maknanya jelas berbeda karena babi adalah binatang ternak sedangkan babi hutan tidak diternak.
LAI menerjemahan babi hutan dari kata KHAZIR ini karena - menurut perkiraan saya -- saat itu bangsa Israel sedang dalam pengembaraan di padang pasir jadi 'nggak mungkin ada ternak babi. Setelah bangsa ini menetap di Palestina, kata KHAZIR diterjemahkan dengan babi saja misalnya dalam Amsal 11:22, Yesaya 65:4, 66:3, dan lain-lain.
Jadi, kalo kita tanya sama orang Yahudi, bagaimana mengatakan babi dalam bahasa Ibrani, mereka akan menjawab
KHAZIR. Lantas bagaimana pula mengatakan babi hutan dalam bahasa Ibrani, mereka pun akan menjawab KHAZIR. Kasusnya sama dengan bahasa Inggris yakni rice dapat bermakna padi, beras atau nasi, memangnya kita menanam nasi di sawah?
Jadi, tidak ada kontradiksi.

1 komentar:

  1. Berarti yang bisa dimakan hanyalah Babi ternak bukan Babi Hutan Ka?

    BalasHapus

Jangan Tunda

Nats: Luk 7:36-38, 47. "Seorang Farisi mengundang Yesus untuk datang makan di rumahnya. Yesus datang ke rumah orang Farisi itu, lalu d...