Rabu, 20 September 2017

Duta Perdamaian

Ayat Bacaan Ibrani 12-17 "

Bangsa indonesia adalah bangsa yang majemuk.  Indonesia terdiri dari beraneka suku, budaya, etnis, agama, bahasa, dan adat. bagaimana menyatukan keaneka ragaman masyarakat Indonesia?  Para pendiri bangsa Indonesia telah meletakkan dasar negara, yaitu Pancasila.  Salah satu cita-cita para pendiri bangsa ini adalah untuk mewujudkan perdamaian dan kesejahteraan sosial bagi rakyatnya.

hal senada juga dikatakan oleh penulis Kitab Ibrani, agar orang-orang percaya mengusahakan hidup berdamai dengan semua orang.  Hidup dalam suasana damai dapat mendorong seseorang mempraktekkan hidup kudus.  Perdamaian memapukan masing-masing anggotanya saling memperhatikan, menolong dan menguatkan.  Perdamaian juga berfungsi mencegah munculnya bibit kekerasan dan kerusuhan dalam masyarakat. 

Sayangnya perdamaian tidak datang dengan sendirinya, tetapi harus diupayakan, dan dilestarikan.  Artinya perlu komitmen dan pengorbanan, baik secara materi maupun emosi.  Langkah toleransi dan negosiasi harus menjadi makanan sehari-hari.  Memang sungguh ironis karena banyak orang menginginkan hidup dalam suasana damai justru perbuatannya menimbulkan konflik dan perpecahan.

Kunci hadirnya perdamaian terletak pada kasih karunia Allah.  mewujudkan perdamaian melalui tindakan kasih bukan berarti kita menjadi orang yang gampangan berkata "iya" dan menyenangkan semua pihak.  jangan bertindak bodoh dan ceroboh seperti Esau yang menjual hak kesulungannya demi memuaskan rasa lapar sesaat.  Karena itu, penulis kitab Ibrani memotivasi orang percaya dengan kalimat, "kiatkanlah tangan yang lemah dan lutu yang goyah dan luruskanlah jalan bagi kakimu" (12-13).

Mewujudkan perdamaian butuh upaya kongkret.  Dalam Kristus ada damai sejahtera dan damai itu sudah diberikan-Nya kepada orang-orang [ercaya (Yoh. 14:22).  Maukah kita menjadi duta Kristus yang membawa damai-Nya bagi dunia?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Lemah bukan Berarti Kalah

 Nats: 1 Sam 17:12-39 12 Daud adalah anak seorang dari Efrata, dari Betlehem-Yehuda, yang bernama Isai. Isai mempunyai delapan anak laki-lak...