Jumat, 22 September 2017

Paket Lengkap

Ibrani 13:17-25

Novelis Indonesia yang bernama Tere Liye pernah menuliskan kriteria pendidikan yang dibutuhkan oleh seseorang untuk menjadi ibu yang ideal, antara lain: ilmu ekonomi, akuntansi, keperawatan, kedokteran, psikologi, tata busana, tata boga, bela diri, agama, dan sebagainya. Seolah-olah semua pengetahuan itu merupakan satu paket utuh yang harus dimengerti seorang perempuan demi bisa menunaikan tugasnya sebagai istri sekaligus ibu yang ideal bagi keluarga. Pertanyaannya adalah butuh berapa tahun dan biaya untuk menguasai semua pengetahuan tersebut? 

Santapan harian hari ini berbicara tentang persiapan dan perlengkapan seperti apa yang dimiliki oleh orang percaya dalam konteks iman. Menjelang kata penutup, penulis kitab Ibrani menyatakan bahwa Allah yang adalah sumber damai sejahtera akan memperlengkapi umat-Nya supaya mereka dapat melakukan kehendak Allah dan menebar kebaikan-Nya bagi sesamanya (21). Tentu saja Allah tidak akan sewenang-wenang menempatkan kita tanpa perencanaan matang dan perlengkapan yang memadai. 

Allah yang mahasempurna adalah Allah yang detail dalam rancangan-Nya. Setiap individu dengan karakternya yang unik akan ditempatkan pada situasi yang berbeda dan dengan misi tertentu. Perlengkapan itu terdri dari perangkat jasmani dan rohani. Misalnya, sumber daya finansial, kemampuan fisik, dukungan keluarga, doa dari saudara seiman, pengharapan, kasih, dan lainnya. Setiap orang percaya akan berkarya dengan paket yang lengkap dari Allah.

Sering kali yang terjadi justru kebalikannya. Disadari atau tidak, terkadang kita sibuk membandingkan kondisi sendiri dengan kehidupan orang lain. Kita seakan-akan "iri hati" dengan milik orang lain daripada mensyukuri apa yang kita miliki saat ini. Lantas apa yang mesti  dilakukan agar hidup kita diperkenan oleh Allah?  Mulailah membangun ketaatan kepada Allah dalam doa.  Dlama upaya tersebut, kita akan menemukan banyak sekali momen berharga bersama Allah. karena itu, janganlah kita undur dari iman dan harapan kepada-Nya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terbatas itu Berguna

  Nats: Mzm 90:10" Masa hidup kami tujuh puluh tahun dan jika kami kuat, delapan puluh tahun, dan kebanggaannya adalah kesukaran dan ...