Rabu, 08 Agustus 2018

Berkuasa Tetapi Peduli

Mazmur 33

Salah satu arti dari dari kuasa adalah wewenang atas sesuatu atau untuk menentukan sesuatu.  Dalam arti demikian, seorang yang berkuasa bisa menggunakan kekuasaannya kepada yang di kuasainya ?

Saat membaca Mazmur 33 ini terbayang mengenai kekuasaan Tuhan.  Kekuasaannya tampak dalam alam.  Langit dijadikan hanya oleh firman-Nya, air laut bisa di kumpulkan-Nya dan samudera dapat diwadahinya.  Kekuasaan-Nya dibandingkan dengan berbagai kekuatan yang sering kali diandalkan oleh manusia.  Kalau raja-raja memiliki kekuasaan, maka kuasa Tuhan jauh melampaui mereka.  Jika dibandingkan dengan kekuatan seorang pahlawan, maka kekuatan tuhan tidak ada batasannya.  Kuda yang hebat pun tidak sehebat Tuhan.  Namun, Tuhan yang berkuasa itu tidak digambarkan sebagai penguasa yang arogan.  Karena Dia tidak bertindak sewenang-wenang.  Malahan Dia peduli dengan ciptaan-Nya.  Dia memandang dari surga untuk menilik anak-anak manusia.  Bahkan Pemazmur menggambarkan bahwa Tuhanlah Sumber pengharapan manusia.  Itulah sebabnya Pemazmur mengajak umat senantiasa memuji-muji Tuhan.

Tuhan yang berkuasa tetapi tetap peduli membuat kita percaya diri menjalani kehidupan ini.  Tak ada yang perlu dikhawatirkan karena Dia berkuasa atas segalah sesuatu.  Sebab itu, Tuhan dapat dijadikan sumber pengharapan kita.  Untuk alasan inilah, kita harus menjalani hidup penuh puji-pujian kepada Tuhan.  Puji-pujian itu harus kongkrit dalam hidup kita dengan meneladani perbuatan Allah.  

Lagipula setiap orang percaya juga memiliki kuasa yang dapat memengaruhi kehidupan orang lain dan ciptaan lain.  karena itu, kehidupan kita harus di jalani dengan peduli kepada sesama ciptaan Tuhan dan tidak bertindak sewenang-wenang.  

disadur dari renungan santapan harian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Imanuel Di tengah Pandemi

 Nats: Ayb 2:10 "Tetapi jawab Ayub kepadanya: "Engkau berbicara seperti perempuan gila! Apakah kita mau menerima yang baik dari A...