Rabu, 29 Agustus 2018

Ketika Manusia Berusaha Menandingi Allah

Kisah Para Rasul 12:20-233
Siapa sih yang tidak mau menjadi yang terbaik ? Jika keinginan tersebut diimbangi dengan niat dan tindakan yang baik, maka hal itu berdampak positif.  Sayangnya kerap kali keinginan tersebut dibarengi dengan niat negatif.  Demi menjadi pribadi yang hebat, teratas, dan terkuat, maka segalah cara pun dihalalkan.  

Herodes sendiri berupaya dengan gigih untuk terus menerus untuk menjadi populer dan termasyur diantara rakyatnya.  Berbagai cara ditempuhnya, mulai dengan upaya pemberlakuan hukuman mati bagi Petrus (Kisah. 12:19) sampai monopoli bidang ekonomidan pangan di wilayah tetangga yang tidak dapat secara langsung dikendalikan (Kis. 12:20).  Berbagai kebijakan diberlakukan agar para petinggi dari wilayah tetangga, seperti Tirus dan Sidon, datang menghadap Herodes dan memohon belas kasihan.  

Pada saat Herodes menerima kedatangan para petinggi tersebut, ia memperlihatkan kehebatan dan keagungannya di hadapan rakyat dengan mengenakan pakaian kerajaan.  Ia ingin rakyatnya menjadiakn dirinya sebagai "Allah".  Hal itu tampak dari pidatonya.  Saat ia mengatakan bahwa ucapannya adalah "sabda Allah",  banyak orang tidak sadar dan mulai mengeluk-elukkan Herodes.  Ia membiarkan dipertuhankan oleh rakyatnya.  Disini jelas Herodes begitu congkak untuk menandingi Allah.  Namun, yang terjadi adalah Herodes mati ditampar oleh malaikat Allah dan jasatnya dimakan oleh cacing.  

Ketika kita membaca bagian ini, mungkin kita akan mengatakan, "Ah, mana mungkin aku bertindak seperti herodes?  Disadari atau tidak, dalam hal kecil kadang kita pun sudah bertindak menandingi atau melebihi Allah.  Misalnya, ada pengusaha yang tetap menyuruh anak buahnya tetap masuk pada hari minggu demi mengejar target perusahaan. Semoga kita bukan pemimpin seperti itu.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Segarkan Hidup Setiap Hari

 Nats: Mzm 52:8-9 Tetapi aku ini seperti pohon zaitun yang menghijau di dalam rumah Allah; aku percaya r   akan kasih setia Allah untuk s...