Jumat, 28 September 2018

Berkat Allah Melalui Keluarga

Kejadian 27.1-40

Berkat Tuhan yang dapat dirasakan di sekitar kita berasal dari orang tua.  Orang tua  yang pertama kali melihat bagaimana kita berjalan, naik sepeda, berbahasa, berkomunikasi, dan sebagainya.  Waktu kita sakit, merekalah yang merawat kita.  Mereka membesarkan dan membiayai pendidikan kita agar kelak kita dapat mandiri dan dewasa. 

Esau dan Yakub juga merasakan berkat Allah yang sama dengan manusia pada umumnya.  Melalui Ishak dan Ribka, Esau dan Yakub tumbuh menjadi dewasa dengan bakat dan talenta masing-masing.  Esau gemar berburu, sementara Yakub memilih di rumah untuk bercocok tanam dan beternak.  Mestinya mereka berdua bisa saling melengkapi, namun disayangkan Esau dan Yakub memiliki persaingan dalam hal ingin memiliki berkat yang paling banyak.  Belum lagi ditambah perlakuan kedua orang tuanya yang sangat membeda bedakan kasih di mereka berdua.  Ishak lebih suka kepada Esau dan sangat menyukai masakan binatang buruanya.  Sedangkan Ribka menyayangi Yakub.  Kondisi ini tanpa disadari semakin memperuncing persaingan kedua bersaudara. Berkat Allah yang seharusnya sungguh sungguh hadir sebagai rahmad Allah, malahan menjadi penyebab malapetaka, perpecahan, dan dendam.

Hadirnya anak dalam sebuah keluarga merupakan anugerah Allah. Setiap anak yang lahir membawa berkat tersendiri.  Karena itu, setiap orang tua sepatutnya bukan hanya merawat dan membesarkan anak, tetapi juga memberikan kasih serta perhatian yang adil, kepada anak-anaknya.   Selain itu, orang tua juga harus menjadi contoh dan teladan bagi anak-anaknya, khusus dalam hal menghidupi kebenaran Firman Allah dalam perilaku keseharian.

Tuhan membentuk institusi keluarga supaya setiap anggota keluarga dapat merasakan kehadiran Allah ditengah-tengah mereka Tuhan juga ingin mejadikan setiap keluarga orang percaya sebagai bagian dari karya agung-Nya.  Hal itu dapat tercapai apabila setiap anggota keluarga meneriam satu sama lain dengan cinta kasih dan ketulusan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Segarkan Hidup Setiap Hari

 Nats: Mzm 52:8-9 Tetapi aku ini seperti pohon zaitun yang menghijau di dalam rumah Allah; aku percaya r   akan kasih setia Allah untuk s...