Jumat, 21 September 2018

Doa Membawa Kemenangan

Mazmur 20
Satu-satunya sumber kekuatan bagi orang percaya dalam menghadapi kesulitan hidup adalah berdoa.  Salah seorang reformator, Martin Luther, pernah mengatakan bahwa menjadi orang Kristen tanpa berdoa tidak lebih tidak lebih menjadi seseorang yang hidup tanpa bernafas.  Jika dilihat dari sis medis, orang yang sudah tidak bernafas biasanya disebut sudah meninggal.  Kalau frasa "tidak bernafas" dikaitkan dengan kerohanian berarti sudah mati rohani.  Atau dengan kata lain, hidupnya telah putus hubungan dengan Allah. 

Daud pun mengakui bahwa doa memainkan peranan penting dalam kehidupan jasmani dan rohani seseorang.  Sebab doa bukan hanya menjadi sumber nafas kehidupan, tetapi juga motor penggerak utama bagi umat Allah untuk memperoleh perlindungan dan berkat Allah. 

Daud juga meyakini bahwa dalam doa terdapat kekuatan Allah.  Wujud kongkret kekuatan Allah terlihat bagaimana Allah menberikan kemenagan dalam setia masalah yang dihadapi oleh umat-Nya. Hal ini tampak saat umat-Nya berada dalam kesesakan, Allah memberikan solusi dan meluputkan mereka dari bahaya.  Karena itu, Daud tidak ragu-ragu mengajak bangsanya untuk berseru kepada Tuhan dan Ia hanya bisa ditemui dalam doa.

Keyakinan Daud inilah yang memberikan harapan dan sukacita.  Harapan dan sukacita itu pada akhirnya menjadi kekuatan bagi umat Allah untuk tidak takut dan gentar dalam menghadapi siapapun.  Sebab mereka menyadari bahwa Allah senantiasa bersama dengan umat-Nya.  Bahkan Allah tidak ragu-ragu turun tangan untuk berperang membela umat-Nya dari para musuh mereka.  semua pertolongan Allah ini membuat umat Allah dapat bermegah dan memuliakan nama-Nya.

Masihkah anda berdoa setiap hari?  Bagaimana kondisi hidup anda saat jauh dari Allah?  Bertambah baik atau bertambah buruk?  Marilah kita bertobat dan bertekad kembali kepada Allah.  Ia dapat ditemui sejauh doa.  Karena dalam doa kita menemukan kekuatan, penghiburan, dan sandaran yang kukuh untuk berlindung.  Bahkan melalui doa, Allah akan memberikan kita kemenangan hari demi hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Makna Sebuah Kemerdekaan

Nats: Gal 5:4-15 5:4 "Kamu lepas dari Kristus, jikalau kamu mengharapkan kebenaran oleh hukum Taurat; kamu hidup di luar kasih k...