Senin, 31 Desember 2018

CARA MENINGGALKAN TAHUN YANG LAMA dan MEMASUKI TAHUN YANG BARU

Hari ini, 31 Desember 2018 menjadi hari terakhir di tahun ini dan kita akan memasuki tahun 2019. Tentu saja, setiap orang memiliki impian dan harapan yang dibawa dalam dia, dibayangkan semoga terjadi di tahun 2019 yang akan dijalani, itu pun, jika Tuhan Yesus memberikan kesemepatan dan kepercayaan kembali atas hidup ini.

Mereka yang bekerja berharap mengalami kenaikan gaji dan posisi yang lebih baik, yang jomblo berharap mendapat pasangan terbaiknya, yang berkarir dalam profesi berharap profesinya meningkat, yang berbisnis berharap omzetnya mengalami peningkatan, yang mencalonkan diri jadi caleg tentu sangat berharap lolos ke parlemen, yang berumah tangga mengharapkan rumah tangganya makin harmonis, yang mengalami krisis keuangan dan ekonomi tentu berharap pula pemulihan terjadi atas keadaannya, dan sebagainya. Intinya memasuki tahun yang baru setiap orang berharap perubahan bahkan keajaiban ke keadaan yang TERBAIK akan dialaminya. Hingar-bingar malam penutupan tahun yang biasanya ditandai oleh pesta-pesta dan perayaan kecil hingga mewah, dari pusat-pusat kota metro hingga pelosok bumi, semua berupaya mengekspresikan keinginan dan harapan dalam mengakhiri tahun lama ke tahun yang baru.

Nasehat firman Tuhan demikian: “Jadi sekarang, hai kamu yang berkata: "Hari ini atau besok kami berangkat ke kota anu, dan di sana kami akan tinggal setahun dan berdagang serta mendapat untung", sedang kamu tidak tahu apa yang akan terjadi besok. Apakah arti hidupmu? Hidupmu itu sama seperti uap yang sebentar saja kelihatan lalu lenyap. Sebenarnya kamu harus berkata: "Jika Tuhan menghendakinya, kami akan hidup dan berbuat ini dan itu." Artinya dalam ketidaktahuan kita tentang hari esok apalagi masa depan, TUHAN YESUS TAHU PERSIS. Oleh karena itu mempasrahkan hidup dan semua harapan dan impian didalamnya kepada Yesus Kristus menjadi titik pijak yang tidak akan membuat kecewa.

Tentu saja bukan hal keliru memiliki harapan dan impian untuk perubahan-perubahan bersifat fisik dan dapat dijangkau panca indera, akan tetapi memahami serta menyadari kondisi spiritualitas pribadi dipuncak pergantian tahun ini pun tidak kalah penting. Mungkin pesan firman Tuhan berikut bagus untuk direnungkan: 1 Korintus 2:2, 4-5 (TB) “Sebab aku telah memutuskan untuk tidak mengetahui apa-apa di antara kamu selain Yesus Kristus, yaitu Dia yang disalibkan. Baik perkataanku maupun pemberitaanku tidak kusampaikan dengan kata-kata hikmat yang meyakinkan, tetapi dengan keyakinan akan kekuatan Roh, supaya iman kamu jangan bergantung pada hikmat manusia, tetapi pada kekuatan Allah.” 3 Yohanes 1:2-4 (TB) “Saudaraku yang kekasih, aku berdoa, semoga engkau baik-baik dan sehat-sehat saja dalam segala sesuatu, sama seperti jiwamu baik-baik saja. Sebab aku sangat bersukacita, ketika beberapa saudara datang dan memberi kesaksian tentang hidupmu dalam kebenaran, sebab memang engkau hidup dalam kebenaran. Bagiku tidak ada sukacita yang lebih besar dari pada mendengar, bahwa anak-anakku hidup dalam kebenaran.”   

Berkaitan dengan kondisi spiritualitas pribadi maka nasehat firman Tuhan sangat tegas yaitu hendaknya BAIK-BAIK SAJA. Artinya mengalami kemajuan , peningkatan, jika diibaratkan dunia bisnis maka berarti berhasil dan keuntungan banyak. Kemudian, HIDUP DALAM KEBENARAN. Merujuk pada situasi keseharian yang dipagari dan dilandasi dengan praktek prilaku yang benar, dalam segala aspek hidup. Terakhir, TETAP BERADA DALAM KRISTUS. Artinya, landasan perubahan dan kemajuan spiritualitas seseorang semata-mata bergantung pada KETERHUBUNGANNYA DENGAN KRISTUS. Sebab Yesus sendiri berkata, “Sebab diluar AKU kamu tidak dapat berbuat apa-apa” (Yohanes 15:5).

Oleh karena itu, ada baiknya mengajukan pertanyaan-pertanyaan refelksi pada diri sendiri terkait kondisi spiritualitas atau kerohania pribadi menjelang penutupan tahun ini, rasanya menjadi penting. Apakah kerohanian Saya bertumbuh dengan bak disepanjang tahun ini? Kerohania anak-anak dan pasangan hidupku baik-baik saja? Apakah sepanjang tahun ini aku hidup dalam cara hidup yang benar? Apakah disepanjang musim ini aku terhubung dengan baik dengan Kristus? Tidak ada yang terlambat, ridak ada yang kebetulan, pilihanmu hari ini akan membuat PERUBAHAN dan MENENTUKAN keadaanmu esok…

SELAMAT TAHUN BARU 2019 & YESUS KRISTUS MEMBERKATI !!!! 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Makna Sebuah Kemerdekaan

Nats: Gal 5:4-15 5:4 "Kamu lepas dari Kristus, jikalau kamu mengharapkan kebenaran oleh hukum Taurat; kamu hidup di luar kasih k...