Minggu, 27 Januari 2019

LAKUKAN SEGALA SESUATU SEPERTI UNTUK TUHAN

Kolose 3:18-25

"Apa pun juga yang kamu perbuat, perbuatlah dengan segenap hatimu seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia." 

Membuat anak kenyang mungkin adalah perkara yang mudah bagi orang tua, namum mendidik anak bukanlah sebuah perkara yang mudah. Saya sangat antusias jika berbicara mengenai anak karena saya memiliki seorang anak yang sekarang berumur 5 tahun, dia duduk di kelas TK A. Anak laki-laki yang cerewetnya minta ampun, dia manja jika dengan saya, dia mungil jika berjalan dengan saya-kadang terinjak oleh kaki saya karena saya gemuk-, dimana ada saya ada juga dia, dan dia adalah malaikat kecil saya karena memang namanya Angelo. 

Saya cukup kewalahan dengan pertanyaan-pertanyaan kritis anak saya, bayangkan saya lahir di generasi Y (1981-1995) sedangkan Elo lahir di generasi Alpha (2011-2025). Di era generasi Alpha semua hal sudah sangat canggih. Bangun tidur hape mau tidur hape, itu yang Elo lakukan apalagi jika dia liburan di rumah neneknya. 

Rasa serba ingin tahu dan selalu bertanya membuat saya kadang kesulitan untuk mencari jawaban yang sesuai dengan apa yang bisa dia tahu. Dan saya harus memberikan jawaban yang benar tidak mengada-ada. Jika kita berbeda generasi, saya mau katakan bahwa tidak ada yang salah dengan anak yang lahir dalam generasi apapun itu, generasi Z atau generasi Alpha kesalahan kita sebagai orang tua adalah tidak mau mengerti dan meng-update diri kita sehingga kita tidak tahu apa yang sebenarnya terjadi pada generasi anak kita sekarang. 

Untuk itu orang tua tidak hanya pintar untuk mencari makan/bekerja keras untuk memenuhi kebutuhan anaa namun orang tua juga perlu mendidik anak dengan baik sesuai dengan firman Tuhan. Kolose 3:23 "Apa pun juga yang kamu perbuat, perbuatlah dengan segenap hatimu seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia."Ayat ini menjadi pegangan saya untuk terus belajar untuk meng-update diri saya demi mengerti bagaimana caranya agar saya bisa mendidik anak saya. Membaca buku cara mendidik anak generasi gaul, berbagi pengalaman dengan teman, dan terlebih menjadi teladan bagi Elo. Saya belajar terus untuk melakukan firman Tuhan dan meingajarkannya kepada Elo agar Elo menjadi anak yang takut akan Tuhan. Memang tidak mudah namun Tuhan akan menolong kita untuk menjadi orang tua yang juga takut Tuhan, orang tua teladan, orang tua yang bertanggung jawab atas anugerah yang Tuhan berikan kepada kita. Ayat ini sangat indah yang membawa kita kepada damai sejahtera Allah jika kita melakukannya. 

Karena hubungan kita dengan orang lain akan terjaga dan jauh dari ego kita patri dalam pikiran kita bahwa apapun yang kita lakukan maka lakukanlah untuk Tuhan maka hubungan kita dengan orang lain terjaga. Tuhan memberkati kita. 

By: Deka (anggota Pastoral Team Charismata Ministry)

DOWNLOAD LINK: (Bacaan Materi Gerakan 40 Hari Mengalami Terobosan Rohani)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Makna Sebuah Kemerdekaan

Nats: Gal 5:4-15 5:4 "Kamu lepas dari Kristus, jikalau kamu mengharapkan kebenaran oleh hukum Taurat; kamu hidup di luar kasih k...