Jumat, 22 November 2019

Menjadi Teladan


Judul: Menjadi Teladan
Nats: 1 Tim 4:12

Jangan seorangpun menganggap engkau rendah karena engkau muda. Jadilah teladan bagi orang-orang percaya, dalam perkataanmu, dalam tingkah lakumu, dalam kasihmu, dalam kesetiaanmu dan dalam kesucianmu.


Pada zaman sekarang manusia banyak gagal dalam menjadi teladan.  Orang tua gagal menjadi teladan untuk anaknya, guru gagal menjadi teladan untuk muridnya dan sebagainya.  Namun demikian, kehidupan orang percaya harus bisa diteladani.  Dengan kata lain, meski dunia sedang krisis keteladanan namun setiap orang percaya dipanggil untuk menjadi teladan bagi siapa saja

Penggalan nats di atas merupakan nasehat Paulus agar Timotius menjadi teladan bagi semua orang yang dijumpainya. Dalam nats tersebut ada dua elemen penting yang membuktikan bahwa kita berhasil menjadi teladan bagi orang lain. Elemen pertama adalah perkataaan. Setiap orang percaya harus menjadi teladan dalam perkataan mereka. Yang dimaksud teladan dalam perkataan adalah mengatakan kebenaran sesuai Firman Tuhan. Elemen kedua adalah perbuatan. Yang dimaksud teladan dalam perbuatan adalah melakukan kebenaran sesuai dengan Firman Tuhan.

Kedua hal di atas tidak mungkin dilakukan tanpa kasih.  Artinya setiap orang percaya tidak mungkin menjadi teladan dalam perkataan dan perbuatan tanpa mengasihi orang lain. Biasanya kasih dalam perkataan dan perbuatan diwujudkan dengan cara mendoakan, membantu yang kesusahan, dan sebagainya. Selain itu diperlukan kesetiaan di dalamnya.  Tanpa sebuah kesetiaan orang percaya akan berhenti menjadi teladan bagi orang lain.  Ini dikarenakan di tengah jalan banyak orang percaya menyerah karena tidak ada hasil dari perkataan dan perbuatan yang dilakukan.  Yang terakhir, diperlukan kesucian dalam setiap perkataan dan tindakan.  Artinya setiap orang percaya tidak boleh memperkatakan atau melakukan sesuatu yang bertentangan dengan Firman Tuhan.

Pada akhirnya setiap orang percaya harus menyadari bahwa menjadi teladan merupakan tugas yang sangat penting.  Maka dari itu, setiap orang percaya perlu untuk menjaga setiap perkataan dan perbuatannya.

By: Felix Justian Harnanta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iman yang Sehat

Nats: Titus 1:5-9 "Aku telah meninggalkan engkau di Kreta dengan maksud ini, supaya engkau mengatur apa yang masih perlu diatur dan su...