Rabu, 12 Februari 2020

Yuk Jadi Bijaksana

Judul: Yuk Jadi Bijaksana

Nats: Mzm. 90:12

"Ajarlah kami menghitung hari-hari kami sedemikian, hingga kami beroleh hati yang bijaksana."


Setiap orang pasti ingin menjadi orang yang bijaksana. Dalam KBBI bijaksana dapat diartikan sebagai selalu menggunakan akal budinya (pengalaman dan pengetahuannya); arif; tajam pikiran. Dengan kata lain, bijaksana adalah perpaduan antara pengalaman dan akal budi. Orang dapat dikatakan bijaksana jika dapat mensinergikan akal budi atau pengalaman.

Bijaksana pada hakikatnya juga harus dimiliki oleh setiap orang percaya. Alkitab mengatakan bahwa untuk menjadi bijak setiap orang percaya harus memiliki hikmat. Lebih spesifik, Amsal 9:10 menjelaskan bahwa permulaan hikmat adalah takut akan Tuhan dan mengenal Yang Mahakudus adalah pengertian. Dengan demikian, untuk bisa menjadi bijaksana pertama-tama seseorang harus hidup takut akan Tuhan.

Hal kedua yang perlu dilakukan agar menjadi bijaksana adalah menghitung hari-hari. Dalam Mzm. 90:12 dikatakan bahwa ajarlah kami menghitung hari-hari kami sedemikian, hingga kami beroleh hati yang bijaksana Menghitung hari-hari berhubungan dengan memaksimalkan kehidupan yang diberikan Tuhan. Artinya dengan menghitung hari-hari setiap orang percaya dapat melakukan apa yang terbaik untuk Tuhan. Maka dari itu mari kita menghitung hari-hari agar semakin menjadi orang yang bijaksana.

By: Felix Justian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Makna Sebuah Kemerdekaan

Nats: Gal 5:4-15 5:4 "Kamu lepas dari Kristus, jikalau kamu mengharapkan kebenaran oleh hukum Taurat; kamu hidup di luar kasih k...