Kamis, 30 April 2020

Awasi pergaulanmu

http://polosarya.blogspot.com/2015/01/pergaulan-remaja-yang-baik-dan-sehat.html
Judul: Awasi pergaulanmu
Nats: 1 Kor 15:31-34
"15:31 Saudara-saudara, tiap-tiap hari aku berhadapan dengan maut. Demi kebanggaanku akan kamu dalam Kristus Yesus, Tuhan kita, aku katakan, bahwa hal ini benar. 15:32 Kalau hanya berdasarkan pertimbangan-pertimbangan manusia saja aku telah berjuang melawan binatang buas di Efesus, apakah gunanya hal itu bagiku? Jika orang mati tidak dibangkitkan, maka "marilah kita makan dan minum, sebab besok kita mati. 15:33 Janganlah kamu sesat pergaulan yang buruk merusak kebiasaan yang baik. 15:34 Sadarlah kembali sebaik-baiknya dan jangan berbuat dosa lagi! Ada di antara kamu yang tidak mengenal Allah.  Hal ini kukatakan, supaya kamu merasa malu. "

Manusia sejatinya adalah makhluk sosial. Maka dari itu manusia tidak bisa hidup hanya seorang diri saja melainkan membutuhkan teman. Teman sejatinya mempengaruhi apakah seseorang memiliki pergaulan yang baik atau tidak. Tak ayal jika banyak teman yang tidak baik maka pergaulan pun akan rusak begitu juga sebaliknya.

Dalam 1 Kor 15 Paulus menasehatkan agar jemaat di Korintus mengawasi pergaulan mereka. Ini dikarenakan banyak penyembah berhala yang hidup di sekitar mereka. Paulus kuatir jemaat di Korintus akan ikut kebiasaan para penyembah berhala tersebut. Kebiasaan yang dimaksud adalah menyembah ilah-ilah mereka dan tidak mempercayai kebangkitan Kristus. Maka dari itu Paulus memberikan nasehat agar jemaat mengawasi pergaulan mereka.

Kondisi jemaat di Korintus tidak jauh beda dengan konteks sekarang. Sebagai seorang yang percaya kepada Yesus janganlah kita salah dalam memilih sebuah pergaulan. Dewasa ini banyak anak Tuhan yang tidak menjaga pergaulan mereka. Hal ini menyebabkan mereka terjebak ke dalam kebiasaan-kebiasaan buruk seperti mulai ikut ke diskotik, merokok, mencuri, seks bebas, dan sebagainya.

By: Felix Justian Harnanta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Segarkan Hidup Setiap Hari

 Nats: Mzm 52:8-9 Tetapi aku ini seperti pohon zaitun yang menghijau di dalam rumah Allah; aku percaya r   akan kasih setia Allah untuk s...