Senin, 11 Mei 2020

Ketaatan dan mukjizat


https://www.danielnugroho.com/bible/runtuhnya-tembok-yerikho/

Judul: Ketaatan dan Mukjizat
Nats: Yos 6:20-24
"6:20 Lalu bersoraklah bangsa itu, sedang sangkakala ditiup; segera sesudah bangsa itu mendengar bunyi sangkakala, bersoraklah mereka dengan sorak  yang nyaring. Maka runtuhlah tembok itu , lalu mereka memanjat masuk ke dalam kota, masing-masing langsung ke depan, dan merebut kota itu. 6:21 Mereka menumpas dengan mata pedang segala sesuatu yang di dalam kota itu, baik laki-laki maupun perempuan, baik tua maupun muda, sampai kepada lembu, domba dan keledai. 6:22 "Tetapi kepada kedua orang pengintai negeri itu Yosua berkata: "Masuklah ke dalam rumah perempuan sundal itu dan bawalah ke luar perempuan itu dan semua orang yang bersama-sama dengan dia, seperti yang telah kamu janjikan dengan bersumpah kepadanya." 6:23 Lalu masuklah kedua pengintai muda itu dan membawa ke luar Rahab dan ayahnya, ibunya, saudara-saudaranya dan semua orang yang bersama-sama dengan dia, bahkan seluruh kaumnya dibawa mereka ke luar, lalu mereka menunjukkan kepadanya tempat tinggal di luar perkemahan orang Israel. 6:24 Tetapi kota itu dan segala sesuatu yang ada di dalamnya dibakar mereka dengan api; hanya emas dan perak, barang-barang tembaga dan besi ditaruh mereka di dalam perbendaharaan rumah TUHAN.

Salah satu kisah yang bersejarah dalam Alkitab adalah runtuhnya tembok Yerikho. Kisah ini menjadi bukti bahwa Tuhan menyertai umat Israel. Di dalam kisah ini Yosua sebagai pemimpin memimpin umat Israel untuk mengelilingi tembok Yerikho sebanyak 6 kali dan di hari ketujuh sebanyak 7 kali sesuai perintah Tuhan. Pada akhirnya tembok yerikho roboh dan bangsa Israel mengambil seluruh harta orang-orang disana untuk dipersembahkan kepada Tuhan. Namun, Yosua juga menyuruh beberapa orang untuk menolong Rahab dan keluarganya karena mereka sudah berlaku benar di mata Tuhan.

Kisah ini mengajarkan kita pentingnya sebuah ketaatan kepada Tuhan. Pada dasarnya ketaatan kepada Tuhan adalah kunci agar seseorang menerima mukjizat. Dikatakan kunci karena tanpa sebuah ketaatan kepada Tuhan mukjizat tidak akan pernah terjadi dalam kehidupan orang percaya. Lebih lanjut, tanpa ketaatan kepada Tuhan berarti manusia hanya mengandalkan diri sendiri. Inilah yang menyebabkan orang percaya tidak akan menerima mukjizat dari Tuhan.

Kita sebagai orang percaya jangan lupa bahwa sangat penting untuk taat kepada Tuhan. Di tengah setiap masalah yang ada janganlah mengandalkan diri sendiri melainkan taatlah kepada Tuhan agar mukjizat terjadi dalam hidup kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Segarkan Hidup Setiap Hari

 Nats: Mzm 52:8-9 Tetapi aku ini seperti pohon zaitun yang menghijau di dalam rumah Allah; aku percaya r   akan kasih setia Allah untuk s...