Minggu, 24 Mei 2020

Umat yang Diberkati


https://victoriousnews.com/2019/05/29/memaknai-kenaikan-tuhan-yesus-ke-sorga/
Nats: Luk 24:50-53
24:50 "Lalu Yesus membawa mereka ke luar kota sampai dekat Betania. Di situ Ia mengangkat tangan-Nya dan memberkati mereka. 24:51 Dan ketika Ia sedang memberkati mereka, Ia berpisah dari mereka dan terangkat ke sorga. 24:52 Mereka sujud menyembah kepada-Nya, lalu mereka pulang ke Yerusalem dengan sangat bersukacita. 24:53 Mereka senantiasa berada di dalam Bait Allah dan memuliakan Allah."

Berkat adalah istilah khas yang dipakai orang Kristen untuk menggambarkan bagaimana Allah memelihara kehidupan mereka. Namun demikian, konsep berkat dalam pemandangan umat Kristen masih sempit. Acapkali berkat hanya dipandang sebagai berkat materi berupa barang, uang, dan sebagainya. Dengan demikian, saat seseorang mengalami kesusahan secara ekonimi maka lantas banyak orang Kristen menghakimi sesamanya dengan mengatakan "tidak diberkati".

Sejatinya berkat memiliki konsep yang sangat luas dalam kekristenan. Berkat tidak hanya dipandang secara materi melainkan melampaui itu. Dalam injil Lukas dicatat bahwa berkat juga berkaitan dengan kesembuhan dan damai sejahtera. Ini terlihat dalam mukjizat-mukjizat yang dilakukan oleh Yesus (Menyembuhkan orang Yesus, mengusir setan, memberikan pengajaran yang benar, dan sebagainya). Ini membuktikan bahwa berkat bukan hanya tentang materi tapi tentang keseluruhan hidup kita. Lebih lanjut, Yesus berkat yang diberikan Yesus tidak hanya satu kali saja melainkan berkelanjutan. Oleh karena itu orang percaya disebut umat yang diberkati.

Tidak hanya konsep berkat yang harus diluruskan melainkan respon terhadap berkat tersebut. Banyak orang percaya yang mulai ragu bahkan skeptis terhadap Yesus saat mereka mengalami kesusahan khususnya secara ekonomi. Mereka menganggap Yesus sudah tidak sayang sehingga menyebut diri mereka sebagai orang yang tidak diberkati. Namun demikian, respon seperti ini sejatinya tidak boleh dimiliki oleh setiap orang percaya. Respon yang seharusnya dimiliki adalah tetap percaya kepada Yesus apapun yang terjadi. Ini dikarenakan Yesus sudah berjanji memberkati kita sampai dari dulu, sekarang dan sampai selamanya. Maka dari itu jangan pernah meragukan pemeliharaan Tuhan sampai kapanpun.

By: Felix Justian Harnanta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Imanuel Di tengah Pandemi

 Nats: Ayb 2:10 "Tetapi jawab Ayub kepadanya: "Engkau berbicara seperti perempuan gila! Apakah kita mau menerima yang baik dari A...